Monday, February 02, 2009

Panduan Blog

Posted by Aa Umar on 5:59 AM with 4 comments
PANDUAN PRAKTIS MEMBANGUN BLOG PADA BLOGGER
UNTUK PEMULA
Oleh : Umar

Pengertian Blog

BLOG adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word, PDF, dll), gambar ataupun multimedia.

Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu di dalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

Pengertian yang lain
Blog adalah situs pribadi. Berbeda dengan website yang setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tersebut. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yang awam teknologi menjadi otomastis dapat memposting apa yang kita inginkan persis seperti kita memposting e-mail ke teman atau ke milis.

Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yang tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dengan memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur, sampai profesor dan menteri-menteri.

Sejarah Singkat Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.

Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1. Melalui weblog, kita dapat memperluas hubungan teman/kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.

Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger.

Sumber : http://blog.bukukita.com/?nav=helpArtiBlog&PHPSESSID=2006ad4e0d8ef5af0ef19ab4e414ebc2
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Membuat Blog

Seperti halnya e-mail, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yang paling populer adalah http://www.blogger.com/ Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account http://www.wordpress.com/ dan http://blogsome.com/. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yang bisa Anda ketahui kemudian. Kali ini kita membangun bolg di www.blogger.com Ikuti pentunjuk step-by-step cara mendaftarnya.

Panduan Selengkapnya silahkan download disini
Pendapat Anda?

4 comments:

  1. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu
    Cara Download Youtube
    Opera Mini
    Samsung Galaxy
    Smartphone Terbaik

    ReplyDelete
  2. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    ReplyDelete