Tuesday, February 10, 2009

Membuat Repeat Header Rows

Posted by Aa Umar on 6:39 AM with 3 comments
Membuat Repeat Header Rows
Pada Misrosoft Word 2007

oleh: umar

Hampir semua kalangan yang mendapatkan ilmu aplikasi komputer-nya dengan cara “belajar sendiri” biasanya cenderung manual, hanya beda dikit aja dari mesin tik, ya.. juga termasuk saya. Misalnya cara membuat Daftar Isi, kita enjoy aja membuatnya dengan akal-akalan manual, ada yang dengan teknik kolom tabel, ada juga yang dengan pengaturan menu “tab”, yang lebih parah lagi masih dilakukan sama dengan mesin tik dengan menekan key titik (.) berulang-ulang atau ditahan lama, kok “ditahan lama” sih bahasanya? Ya pokoknya biar muncul titik-titiknya banyak gitu (…………dst). Padahal kan ada cara yang lebih sistematis yang disediakan Ms Word. Anda tau kan menu apa yang digunakan…?? artikel ini tidak membahas itu, daftar isi juga tetap akan saya posting untuk membantu temen-temen yang masih memerlukannya.

Ada satu lagi temuan, “temuan…?” kayak kasus korupsi aja, dan ini yang menjadi pelajaran kita pada posting kali ini yaitu membangun Tabel dengan setiap lembar baru (berikutnya) menggunakan “kepala tabel” yang sama. Pada kasus ini kita juga lebih sering membuat “kepala tabel baru”, untuk setiap lembarnya, ya kan… jangan malu-malu ah untuk mengakuinya, karena “mengakui kekurangan diri sendiri merupakan awal untuk maju”. Eeh… kok malah ceramah ya? Oke lah saya mulai kasih tau bagaimana cara membuat Repeat Header Rows di Ms Word, tentu saja artikel sederhana ini untuk siapa saja yang merasa belum bisa memaksimalkan pembuatan tabel pada Ms Word.

Repeat Header Rows kira-kira bahasa kitanya “mengikuti kepala baris (tabel)”. Dengan menggunakan menu ini tidak perlu repot-repot membuat kepala tabel pada setiap lembar baru dalam satu rangkaian tabel.

Paling tidak ada 2 efektifitas menggunakan Repeat Header Rows, yaitu:
1. Cukup satu kali membuat kepala tabel, yaitu pada tabel yang pertama atau halaman tertentu saja.
2. Jika terjadi penambahan tabel atau teks pada salah satu halaman yang mengakibatkan ada baris yang turun ke halaman berikutnya, maka kepala tabel halaman di bawahnya tidak akan ikut turun, sedangkan baris yang turun dari halaman di atasnya akan memposisikan langsung di bawah kepala tabel.

Silahkan Download Artikel Lengkapnya.
Pendapat Anda?

3 comments:

  1. Bagus pak, Lanjutkan posting artikel panduan ms word yang praktis, saya tunggu cara buat Daftar Isi yang lebih praktis.

    ReplyDelete
  2. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    ReplyDelete