Friday, April 03, 2009

Trik Copy-Paste dari Web ke Microsoft Word

Posted by Aa Umar on 7:03 AM with 15 comments
Pernahkan Anda menunggu sangat lama ketika Anda melakukan copy-paste dari halaman Web ke Microsoft Word? Bahkan sampai hang kan? Tidak semua artikel Web dapat di-copy dengan instant, bahkan ada juga yang Read Only sama sekali tidak bisa diblok untuk di-copy, yang memang sengaja diprotek oleh penulisnya dengan tujuan supaya karyanya tidak mudah dibajak oleh pembaca.

Artikel ini bukan membahas bagaimana cara membuka protek-kan artikel tersebut, karena bagaimanapun juga tujuan penulisnya supaya jangan dibajak harus kita hargai, sebab perbuatan tersebut juga termasuk pelanggaran undang-undang hak cipta. Sedangkan yang akan dibahas dalam artikel ini adalah bagaimana cara copy-paste artikel yang memang diperbolehkan dengan cara yang cepat tidak harus menunggu proses yang cukup lama.

Sebelum masuk pada trik-nya ada baiknya Anda mengetahui penyebab kenapa terjadi proses yang lama dalam copy-paste dari halaman Web ke Microsoft Word. Mari kita pelajari apa saja penyebabnya.

Ada beberapa sebab mengapa proses copy-paste dari halaman Web ke Microsoft Word menjadi sangat lambat, paling tidak sebagai berikut:
  1. Images, kemunkinan pada halaman tersebut terlalu banyak gambar yang ukurannya cukup besar. Banyak gambar dengan ukuran yang besar akan memperlambat proses copy-paste, apa lagi jika gambar-gambar animasi.
  2. Links, link ke situs lain juga termasuk penyebabnya, semakin banyak link yang terdapat pada naskah akan semakin lambat pula pada proses copy-paste.
  3. Table, sebuah halaman Web yang dibangun dengan menggunakan table-tabel transparan, atau pada menu tertentu yang memang menggunakan table, juga termasuk salah satu penyebab lambatnya proses copy-paste. Karena pada proses copy-paste tabel-tabel tersebut juga akan ikut ter-copy. Anda pernah melakukan copy-paste dari Ms Excel ke Ms Word ? bagaimana lumayan lambat juga prosesnya kan?
Tiga hal inilah penyebab utamanya, akan lebih lama lagi prosesnya jika ketiga-tiganya terdapat dalam satu artikel yang Anda copy.

Hal tersebut bisa Anda hindari dengan mengikuti trik berikut ini:
Pertama Seperti biasa silahkan Anda blok artikel yang akan di-copy, klik kanan pilih copy atau ctrl+c atau dari menu Edit pilih Copy. Silahkan gunakan salah satu cara tersebut tergantung kebiasaan Anda.


Kedua Buka Microsoft Word, dari ICON Paste pilih Paste Special… (office 2007) untuk office 2003 dari Menu Edit pilih Paste Special. (perhatikan gambar)

Ketiga Pada windows Paste Special tersebut pilih Unformatted Unicode Text (maksudnya dari atrikel yang di-copy tadi hanya diambil text-nya saja sedangkan format dan layoutnya tidak) dan OK. Maka tampil text yang anda copy tadi dengan format text standar. Gambar, table dan link yang terdapat dalam artikel tadi tidak akan tampil. Tapi jika anda ingin menampilkan gambarnya juga silahkan anda kembali ke artikel tadi, klik kanan pada gambar dan pilih copy image as, letakkan kursor di mana gambar akan diletakkan, kilk kanan dan pilih Paste. Anda telah berhasil, sekarang silahkan edit sesuai dengan keinginan Anda.

Sekarang silahkan bandingkan, pilh dan gunakan! 2x perintah copy untuk text dan gambar menghasilkan paste yang cepat, dengan 1x perintah copy text dan gambar sekaligus tapi harus menunggu proses paste cukup lama?

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat.
Pendapat Anda?

15 comments:

  1. ini baru artikel yg bener, jelas, n berhasil ga kaya artikel web2 tetangga yg menyesatkan. thanks :D

    ReplyDelete
  2. Jika Copy artikel dari blog dan Paste di MS Word ada background transparant itu gmana cara ngilanginnya?


    tolong balas.

    ReplyDelete
  3. knpa hasil 'copas' teks & gbr dr Intenet/web ke ms.word 2007 tdk teratur (hanya slh satu gbr sj yg t'paste secara berulang-ulang dalm teks)..??? toLong pencerahannya...

    thank's sblmnya.-

    ReplyDelete
  4. Kalau dari (Gambar1) Web di paste ke word 2007 tapi selalu yang muncul (Gambar1) yang tercopy pertama kali, jadi kalau copy (gambar2) yang lain akan selalu hasil paste (gambar 1) bukan gambar2 , itu berlaku seterusnya gimana Solusinya.... Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg mengalami hal serupa. ayo master bantuin dong.

      Delete
    2. Coba Gunakan fungsi klik kanan pada image yang dicopas pilih copy image, kemudian PASTE di Ms Word.

      Delete
    3. Sama aja Gan, masih gambar itu-itu juga yg tercopy.. Lieur urang.

      Delete
  5. good info gan
    cek di mari
    http://rollandgive.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. keren ni infonya, membantu sekali ni jika yang di copy kadang berisi link.

    ReplyDelete
  7. gimana kalo kopas dari web ternyata gambarnya tak bisa di kopas di word,yang ada cuma kotak putih doang dan alamatnya saja,tolong dong beri solusinya

    ReplyDelete
  8. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    ReplyDelete