Friday, April 10, 2009

Para Wirausaha adalah orang-orang yang mengetahui bagaimana menentukan keputusan dalam pekerjaan dan bangga terhadap prestasinya. Para Wirausaha adalah individu-individu yang berorientasi pada tindakan dan bermotivasi tinggi yang mengambil resiko dalam mengejar tujuan. Wirausaha adalah orang yang selalu berubah dan berkembang. Mempunyai sikap positif, kreatif, inovatif, dan citra diri yang sehat.

Pengertian Kewirausahaan
Untuk memasyarakatkan dan membangkitkan semangat kewirausahaan di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 4, Tahun 1995. Adapun tujuan dikeluarkannya Instruksi Presiden tersebut untuk menumbuhkan semangat kepeloporan di kalangan generasi muda agar mampu menjadi wirausahawan.

Dalam rangka inenghadapi era perdagangan bebas, kita ditantang bukan hanya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang siap bekerja, melainkan juga harus mampu mempersiapkan dan membuka lapangan kerja baru. Membuka dan memperluas lapangan kerja baru merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Oleh karena itu, diperlukan berbagai kebijaksanaan pemerintah yang mendukung adanya pendidikan kewirausahaan yang dapat membantu menangani masalah penciptaan lapangan kerja baru.

Para wirausahawan diharapkan dapat menjadi pelopor pembangunan, antara lain ikut serta mengurangi adanya pengangguran. Perubahan dan perbaikan nasib kita harus didasarkan pada kehendak, keinginan, dan kerja keras. Karena itu, peranan wirausaha penting sekali untuk me-nentukan masa depan bangsa dan negara.

Pembangunan Indonesia akan lebih mantap bila ditunjang oleh adanya para wirausahawan yang ulet dan tangguh, karena kemampuan pemerintah sangat terbatas dalam penyediaan lapangan kerja baru. Pemerintah Indonesia untuk sementara waktu belum mampu menggarap semua aspek pembangunan, karena membutuhkan anggaran belanja yang cukup besar, personalianya, sarana prasarananya, dan pengawasannya. Jadi, para wirausaha merupakan potensi penunjang pembangunan, baik untuk bangsa maupun negara. Pada dasarnya, di alam pembangunan sekarang ini, semua warga negara Indonesia dituntut memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan. Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk menjadi pegawai negeri, tampaknya menghadapi keterbatasan kesempatan.

Akan tetapi jika untuk menjadi wirausaha masih terbuka lebar. Sebenarnya, untuk menjadi wirausaha itu tidak hanya mencakup pengusaha yang bergerak di bidang swasta saja, tetapi berlaku juga bagi mereka yang aktif di perusahaan negara atau patungannya. Untuk menjadi seorang wirausaha atau di dalam bahasa Perancis disebut entrepreneur, harus memiliki persyaratan yaitu harus menjadi seorang perwira di bidang usaha atau bisnis. Jadi, persyaratan untuk menjadi seorang wirausaha itu sebenarnya terletak pada kesediaannya bekerja keras dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri untuk mencapai suatu tujuan. Sebenarnya, kita merupakan wirausaha yang mampu berdiri sendiri dalam menjalankar. usaha guna mencapai tujuan pribadi, keluarga, bangsa, dan negara. Untuk itu, sebaiknya kita harus mengetahui dan mengerti bahwa wirausaha itu merupakan pejuang kemajuan yang mengabdi kepada masyarakat dan turut serta mengakhiri ketergantungan kita terhadap negara lain.

Peranan wirausaha sangat penting dan menentukan masa depan bangsa dan negara. Secara umum, wirausaha sangat diperlukan untuk memperkuat perekonomian Indonesia. Selanjutnya, agar kita dapat memahami jiwa dan semangat kewirausahaan, terlebih dahulu harus mengetahui pengertian yang berkenaan dengan kewirausahaan dan wirausaha.

Kewirausahaan berasal dari istilah entrepreneurship, sedangkan wirausaha berasal dari kata entrepreneur. Kata entrepreneur, secara tertulis digunakan pertama kali oleh Savary pada tahun 1723 dalam bukunya "Kamus Dagang'. Entrepreneur adalah orang yang membeli barang dengan harga pasti, meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang (atau guna ekonomi) itu akan dijual.

Banyak orang yang memberi pengertian entrepreneurdan entrepreneurship, di antaranya sebagai berikut.
  1. Ada yang mengartikan sebagai orang yang menanggung risiko
  2. Ada yang mengartikan sebagai orang yang memobilisasi dan mengalokasikan modal
  3. Ada yang mengartikan sebagai orang yang menciptakan barang baru
  4. Ada yang mengartikan sebagai orang yang mengurus perusahaan
Dengan demikian, sebenarnya apa yang dimaksud dengan kewirausahaan dan wirausaha itu?
Agar lebih jelas dan ada pegangan, di bawah ini diuraikan beberapa pengertian kewirausahaan dan wirausaha, sebagai berikut:
  1. Kewirausahaan adalah mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha meningkatkan hasil karyanya dalam arti meningkatkan penghasilan.
  2. Kewirausahaan adalah suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalikan (Robin, 1996).
  3. Kewirausahaan adalah proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran.
  4. Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal jasa dan risiko, serta menerima balas jasa, kepuasan, dan kebebasan pribadi.
  5. Dalam lampiran Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 1995, tentang Gerakan Nasional
Memasyarakatkan dan membudayakan Kewirausahaan (GNMMK), kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.

Sedangkan yang dimaksud dengan wirausaha adalah sebagai berikut:
  1. Wirausaha adalah mereka yang berhasil mendapatkan perbaikan pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsanya.
  2. Wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya sendiri.
  3. Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.
  4. Wirausaha adalah orang yang berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain (Gede Prama, SWP, 09/XI/1996).
  5. Pandangan menurut seorang businessman, wirausaha adalah ancaman, pesaing baru atau juga bisa seorang partner, pemasok, konsumen, atau seorang yang bisa diajak kerja sama.
  6. Pandangan menurut seorang pemodal, wirausaha adalah seorang yang menciptakan kesejahteraan buat orang lain yang menemukan cara-cara baru untuk menggunakan resources, mengurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat.
  7. Pandangan menurut seorang ekonom, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisir faktor-faktor produksi, alam, tenaga, modal, dan skill untuk tujuan berproduksi.
  8. Pandangan menurut seorang psychologis, wirausaha adalah seorang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam untuk memperoleh sesuatu tujuan, suka mengadakan eksperimen atau untuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan orang lain.
Penjelasan materi di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa wirausaha itu adalah orangorang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna dalam memastikan kesuksesan.
Siapa saja yang dapat digolongkan menjadi wirausaha itu? Menurut J.A. Schiunpeter; yang dapat digolongkan sebagai seorang wirausaha adalah seorang inovator, sebagai individu yang mempunyai kenalurian untuk melihat benda materi sedemikian rupa yang kemudian terbukti benar mempunyai semangat, kemampuan, dan pikiran untuk menaklukan cara berpikir lamban dan malas.

Pada zaman sekarang banyak para pemuda yang tertarik dan melirik profesi bisnis yang cukup menjanjikan masa depan yang cerah. Para remaja pada umumnya menyatakan sangat menyenangi kegiatan wirausaha dalam dunia bisnis. Untuk mengantisipasi pekerjaan bisnis, mereka harus mempersiapkan bekal berupa sikap mental dan menguasai beberapa keterampilan misalnya tata boga, tata busana, pemasaran, mengetik, komputer, internet, akuntansi, elektronika, rancang bangun, otomotif, perlistrikan, pertukangan, perbengkelan, dan sebagainya.

Semakin banyak keterampilan yang diperoleh dan dikuasai para pemuda, semakin banyak pula peluang untuk menjadi wirausahawan. Ada beberapa sifat dasar dan kemampuan yang biasanya ada pada diri seorang wirausaha, di antaranya sebagai berikut:
  1. Wiraizsaha adalah seorang pencipta perusahaan.
  2. Wirausaha adalah seorang yang selalu melihat perbedaan, baik antar orang maupun antar fenomena kehidupan sebagai peluang dan kesulitan.
  3. Wirausaha adalah orang yang cenderung mudah jenuh terhadap segala kemampuan hidup.
Tujuan Kewirausahaan
Bahan ajar mata diklat Kewirausahaan dapat diajarkan dan dikembangkan di Sekolah-sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Perguruan Tinggi, dan di berbagai kursus bisnis. Di dalam pelajaran Kewirausahaan, para siswa diajari dan ditanamkan sikap-sikap perilaku untuk membuka bisnis, agar mereka menjadi seorang wirausaha yang berbakat. Agar lebih jelas, di bawah ini diuraikan tujuan dari Kewirausahaan, sebagai berikut:
  1. Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
  2. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk meng 7asilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul.
  4. Menumbuhkembangkan kesadaran dan'orientasi Kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat.
Ruang Lingkup Kewirausahaan
Ruang lingkup kewirausahaan sangat luas sekali. Secara umum, ruang lingkup kewirausahaan adalah bergerak dalam bisnis. Jika diuraikan secara rinci ruang lingkup kewirausahaan, bergerak dalam bidang:
a. Lapangan agraris
1) Pertanian
2) Perkebunan dan kehutanan

b. Lapangan perikanan
1) Pemeliharaan ikan
2) Penetasan ikan
3) Makanan ikan
4) Pengangkutan ikan

c. Lapangan peternakan
1) Bangsa burung atau unggas
2) Bangsa binatang menyusui

d. Lapangan perindustrian dan kerajinan
1) Industri besar
2) Industri menengah
3) Industri kecil
4) Pengrajin
  • Pengolahan hasil pertanian
  • Pengolahan hasil perkebunan
  • Pengolahan hasil perikanan
  • Pengolahan hasil peternakan
  • Pengolahan hasil kehutanan
e. Lapangan pertambangan dan energi
f. Lapangan perdagangan
1) Sebagai pedagang besar
2) Sebagai pedagang menengah 3) Sebagai pedagang kecil

g. Lapangan pemberi jasa
1) Sebagai pedagang perantara
2) Sebagai pemberi kredit atau perbankan 3) Sebagai pengusaha angkutan 4) Sebagai pengusaha hotel dan restoran
5) Sebagai pengusaha biro jasa travel pariwisata
6) Sebagai pengusaha asuransi, pergudangan, perbengkelan, koperasi, tata busana, dan lain sebagainya.

Tenaga wirausaha merupakan salah satu unsur yang ikut serta dalam mencapai cita-cita nasional, yaitu mencapai masyarakat adil dan makmur, baik material, maupun spiritual. Partisipasi masyarakat dan para wirausaha perlu ditingkatkan, guna mencapai cita-cita tersebut. Tenaga-tenaga para wirausaha adalah tenaga pelopor pembangunan dan pejuang nasional,untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran.

Sadarilah bahwa lapangan kerja wirausaha itu begitu luas ruang lingkupnya dan perlu mendapat perhatian kita bersama dan perlu kita isi. Dengan terisinya lapangan kerja tersebut maka tingkat sosial ekonomi masyarakat, bangsa, dan negara akan meningkat. Tenaga-tenaga wirausaha harus dapat memajukan lingkungannya. Para wirausaha merupakan pejuang, pencipta, pengusaha, dan juga sebagai organisator pendekar bisnis, niaga, industri, dan kebudayaan.

Keberanian untuk membentuk kewirausahaan di sekolah harus didorong oleh guru-guru, khususnya oleh guru yang memberikan mata diklat Kewirausahaan, agar mereka berminat untuk menjadi wirausaha. Dorongan untuk membentuk wirausaha, juga datang dari orang tua, teman sepergaulan, lingkungan famili, para sahabat, dan lain sebagainya.

Di dalam mengatasi persoalan tenaga kerja yang semakin banyak menganggur, caranya adalah dengan membuka lapangan wirausaha dan memasyarakatkan kewirausahaan. Akan tetapi banyak juga faktor psikologis yang membentuk sikap negatif, sehingga banyak para siswa kurang berminat untuk menjadi wirausahawan. Orang tua siswa banyak juga yang tidak menginginkan anakanaknya menekuni bidang kewirausahaan. Mereka berusaha mengalihkan perhatian anaknya untuk menjadi pegawai negeri. Padahal dengan adanya perubahan lingkungan bisnis dalam abad sekarang, telah banyak menuntut para wirausaha yang tangguh dan profesional.

Seperti kita ketahui bahwa wirausaha mengacu pada orang yang melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan dan nilai tambah. Jadi, jika para siswa ingin menjadi wirausaha maka ia harus mempunyai sifat keberanian, keteladanan, dan berani mengambil risiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Wirausaha tidak semata-mata dimotivasi oleh financial incentive, tetapi oleh keinginan untuk melepaskan diri dari lingkungan yang tidak diinginkannya. Di samping itu wirausaha ingin menemukan arti baru bagi kehidupannya (Russel M. Knight, 1983).
Pendapat Anda?

27 comments:

  1. terimakasih infonya.,. mantabs.,. jangan lupa mampir kesini ya : http://motogp.unsri.ac.id/

    ReplyDelete
  2. sgt mmbntu..:)
    trim bgt infony

    ReplyDelete
  3. bermanfaat.... :D mudah"an ulangan besok lancar.. amin (y)

    ReplyDelete
  4. Halo, saya Mr perry, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau hipotek konsolidasi?
    cari lagi karena kita di sini untuk membuat semua hal masalah keuangan Anda
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
    perryclementloan@gmail.com data PEMINJAM 'S
     1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
     2) Negara: .............................................. .............
     3) Alamat: .............................................. ............
     4) Negara: .............................................. ................
     5) Sex: .............................................. ..................
     6) Status Pernikahan: ............................................. ....
     7) Pekerjaan: .............................................. .......
     8) Nomer Telpon: ............................................. ...
     9) Saat ini posisi di tempat kerja: .....................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
     12) Pinjaman Jangka waktu: ............................................. ...
     13) Tujuan Peminjaman: ............................................
     14) Agama: .............................................. ..........
     15) Apakah Anda menerapkan sebelum .................................
     Terima kasih, mr. perry

    ReplyDelete
  5. Halo, saya Mr Mathias Bulluk, pemberi pinjaman pinjaman pribadi
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau hipotek konsolidasi?
    mencari lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
    Data mathiasloanlendingservices@gmail.com PEMINJAM 'S
    1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
    2) Negara: .............................................. .............
    3) Alamat: .............................................. ............
    4) Negara: .............................................. ................
    5) Sex: .............................................. ..................
    6) Status Pernikahan: ............................................. ....
    7) Pekerjaan: .............................................. .......
    8) Nomer Telpon: ............................................. ...
    9) Saat ini posisi di tempat kerja: .....................
    10) Pendapatan Bulanan: .............................................
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
    12) Jangka waktu pinjaman: ............................................. ...
    13) Tujuan Peminjaman: ............................................
    14) Agama: .............................................. ..........
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum .................................
    Terima kasih, Mr. Mathias Bulluk.

    ReplyDelete
  6. Halo, saya kayu Mr Francis, pemberi pinjaman pinjaman pribadi
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau hipotek konsolidasi?
    mencari lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
    Data franciswoodloancompany@gmail.com PEMINJAM 'S
     1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
     2) Negara: .............................................. .............
     3) Alamat: .............................................. ............
     4) Negara: .............................................. ................
     5) Sex: .............................................. ..................
     6) Status Pernikahan: ............................................. ....
     7) Pekerjaan: .............................................. .......
     8) Nomer Telpon: ............................................. ...
     9) Saat ini posisi di tempat kerja: .....................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
     12) Jangka waktu pinjaman: ............................................. ...
     13) Tujuan Peminjaman: ............................................
     14) Agama: .............................................. ..........
     15) Apakah Anda menerapkan sebelum .................................
     Terima kasih, Mr. Kayu Francis.

    ReplyDelete
  7. makasih atas penjabarannya tentang wirausaha ya. sukses selalu

    ReplyDelete
  8. Halo, saya Mr williams smith, pemberi pinjaman swasta
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda
    atau Anda membutuhkan pinjaman
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah
    Istilah keuangan Anda
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan
    uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. saya
    ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan
    penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui
    email:
    williamssmithloan@gmail.com data PEMINJAM 'S

    1) Nama Lengkap: ...................................

    2) Negara: ........................................

    3) Alamat: ....................................

    4) Negara: ....................................

    5) Sex: ...........................................

    6) Status Pernikahan: .......................

    7) Pekerjaan: ............................

    8) Nomer Telpon: ..........................

    9) Saat ini posisi di tempat kerja:.

    10) Pendapatan Bulanan: ...........................

    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ............

    12) Jangka waktu pinjaman: ...............................

    13) Tujuan Pinjaman: .............................

    14) Agama: ..................................

    15) Apakah Anda menerapkan sebelum ...............

    16) ............... Email

    17) Password .................................

    ReplyDelete
  9. Halo, saya Mrs Rebecca Nathan dari Florida USA, saya benar-benar ingin berterima kasih kepada Tuhan karena sudah membuat saya datang dalam kontak dengan perusahaan pinjaman Mr Zhang setelah saya telah scammed tiga kali oleh pemberi pinjaman palsu, cara mereka sangat mudah tidak ada pemeriksaan kredit , tidak ada cosigner, tidak ada jaminan dan dengan tingkat bunga hanya 3%, pada awalnya saya tidak pernah mengajarkan itu adalah melalui karena saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu jadi saya merasa sulit untuk percaya mereka .. Tapi dengan Tuhan saya menemukan kepercayaan pada mereka dan saya menerima pinjaman saya dari mereka. mereka memberikan pinjaman setiap jumlah dan mata uang apapun. Nama Perusahaan Pinjaman adalah ALLAH IS GOOD INSTAN PINJAMAN PERUSAHAAN, jadi saya akan menyarankan siapa pun di luar sana yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi mereka via Email mereka: is.zhangloancompany @ gmail.com atau .. zhangloancompany@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. Halo, saya Mrs Emmanuel Ruth, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup pinjaman kesempatan waktu. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (emmanuelruth536@gmail.com)

    ReplyDelete
  11. halo
    Aku Veronica Clinton, dari victoria perusahaan pinjaman clinton, kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman pendidikan, mobil pinjaman, pinjaman rumah, pinjaman perusahaan dan banyak lagi, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau Anda telah scammed sebelumnya oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, perusahaan victoria sanchez pinjaman terpercaya, yang memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami telah datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: veronicaclintonloanfirm@gmail.com
    banyak cinta
    Ibu Veronica Clinton

    ReplyDelete
  12. nice info tentang ruang lingkup nya gan dan jangan lupa di kunjungin juga link artikel saya thx
    Prediksi togel hari ini

    film bokep

    ReplyDelete
  13. Moshi Moshi,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Mrs. cynthia Johnson, pemberi pinjaman pinjaman pribadi dilengkapi dan peluang keuangan yang terbuka bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dapat dimengerti. hubungi kami hari ini via e-mail di: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Moshi Moshi,
    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah u ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email: emmanuelthomasloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Moshi Moshi.
    Apakah Anda memiliki kartu kredit yang rendah dan Anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank / lembaga keuangan lokal lainnya? Kami menawarkan pinjaman jangka panjang dan pendek pada harga murah dan moderat tingkat 2%, kami bersertifikat, terdaftar dan perusahaan kredit yang sah. Anda dapat memperoleh pinjaman mulai dari $ 5.000 hingga $ 100.000.000,00 Serikat menyatakan dolar. Durasi pembayaran pinjaman kami adalah antara 1-20 tahun. Jika Anda tertarik silakan hubungi kami melalui: tamaragustavsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  16. semoga damai Tuhan bersama Anda.
    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
    tekanan keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai
    bisnis Anda sendiri?
    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) memulai bisnis dan pendidikan.
    c) Hutang konsolidasi.
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Alamat: ..........................................
    Status Pernikahan: .......................................
    Sex: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........................
    Durasi Pinjaman: ...................................
    Personal Nomer HP: .......................
    bulanan
    Penghasilan: .....................................
    Terima kasih Dan Memberkati Tuhan
    email: marycoleloanscompany@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Am Mrs Junaina pemberi pinjaman pinjaman pribadi dan kesempatan kerja. kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% per tahun dari EUR 100,000,000,00. Yang 500,000,000,00.in ke mata uang yang Anda butuhkan pinjaman dalam. Dengan pembiayaan proyek 100% dijamin dan pinjaman tanpa jaminan yang tersedia, bagi penyandang cacat keuangan. individu, organisasi, individu, perusahaan dan orang-orang di masyarakat kita dijamin untuk menyediakan layanan keuangan untuk banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman, pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam sesegera mungkin. kami beroperasi dengan Persyaratan yang jelas dan mudah dimengerti dan menawarkan pinjaman ke salah satu pelanggan kami yang Terapan, perusahaan, korporasi, dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor Real Estate. hubungi kami di e-mail kami: diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com untuk rincian lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda baik-baik saja
    diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com
    mrs Junaina

    ReplyDelete
  19. Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com dan kunfarida@outlook.com.
    Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com, amandarichardson686@gmail.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

    ReplyDelete
  20. Nama saya Dian Palmer S., Saya seorang pemberi pinjaman Uang terdaftar yang
    diizinkan untuk memberikan pinjaman Jaminan kepada individu dan perusahaan Bisnis
    dan juga untuk setiap tubuh yang membutuhkan bantuan keuangan di sini di United State dan di seluruh dunia.
    Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
    atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
    kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini melalui transfer bank atau kasir cek
    telah mengirimkan kepada Anda. Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
    kami menawarkan baik pinjaman aman dan tidak aman.

    Durasi Pinjaman: maksimum 6-15yrs
    Jumlah Lendinf: $ 3000 $ 42Million

    Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email berikut
    addresss.
    EMAIL: zatemfinservice@gmail.com

    Untuk Pertanyaan / klarifikasi silakan email;
    helpdesk@zatemfinancial.com atau Kunjungi: www.Zatemfinancial.com

    Dan juga mengirimkan rincian yang dibutuhkan di bawah ini:
    Jumlah Dibutuhkan:
    Durasi pembayaran yang akan sesuai dengan rencana Anda:
    CATATAN: semua balasan HARUS DIKIRIM KE ALAMAT INI EMAIL:
    zatemfinservice@gmail.com
    Saya menunggu respon Anda

    Salam
    Dian Palmer S.
    Mission, Texas
    + 1956-513-0033
    ZATEM JASA PINJAMAN KEUANGAN

    ReplyDelete
  21. Hello semua orang di situs ini, saya ingin merekomendasikan upaya Mrs. Jessica, yang membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik, setelah saya telah tertipu oleh penipu, dia datang ke bantuan saya. Dia adalah ibu yang baik memang, aku bersumpah kepada Allah bahwa dia akan membantu setiap tubuh yang datang dalam kontak dengan dia untuk membantu, dia adalah bagus dan baik ibu, yang telah membantu orang. Anda dapat menghubungi mohter baik Jessica melalui: jessicajacksonloanfirm@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui: robinsonarum@gmail.com jika Anda perlu helpon bagaimana untuk memperoleh pinjaman dari ibu yang baik Jessica. Terima kasih, Semoga Allah membimbing Anda

    ReplyDelete
  22. Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Saya dan suami saya, ingin menggunakan media ini untuk bersaksi tentang karya-karya yang baik dari Ibu Clara Alderman Pinjaman Perusahaan.
    Kami tidak pernah berpikir kami akan berada di hidup saya bertemu seseorang seperti Ibu Clara, Dia adalah permata langka dan Tuhan mengirimkan. Saya Yura mengambil waktu saya untuk bersaksi tentang Mrs. Clara, karena ia akhirnya menawarkan apa yang tidak ada orang lain bisa.
    Saya dan suami saya pergi ke utang besar dengan debitur dan Bank, dan kami mencari pinjaman dari dua perusahaan pinjaman yang berbeda, tapi semua sia-sia; sebaliknya mereka membawa kami ke lebih banyak utang dan akhirnya meninggalkan kami pecah sampai saya datang di kontak dengan Ibu Clara, dia menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya aku takut itu akan berakhir sebagai perusahaan lain saya telah mengajukan permohonan, dia tidak seperti mereka . Sekarang kita akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman.
    Hubungi Ibu Clara melalui salah satu email berikut.
    claraloans@financier.com atau Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut Yurawibawa@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 10.000 Euro dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    ReplyDelete