Friday, February 20, 2009

Table of Contents

Posted by Aa Umar on 5:21 AM with No comments
Membuat Table of Contents
Pada Microsoft Word 2007 dan Microsoft Word 2003
Oleh: Umar

Panduan Membuat Table of Contents ini merupakan lanjutan dari panduan Repeart Header pada Ms Word, yang telah diposting sebelumnya, panduan sederhana ini dibuat berlatar belakang pada banyak ditemukan cara membuat Daftar Isi dengan tidak mengikuti SOP (Standard of Procedure).

Cara membuat Table of Contents (Daftar Isi) telah saya singgung pada posting terdahulu, bahwa kebanyakan kita membuatnya dengan cara manual entah apa latar belakangnya, kebiasaan kah? atau faktor kurangnya pengetahuan tentang itu. Kalau fakator ini yang jadi penyebabnya semoga Artikel sederhana ini bisa membantu dan merubah kebiasaan yang sebenarnya kurang praktis itu.

Lantas apa kelebihan membuat Table of Contents (Daftar Isi) dengan cara mengikuti SOP (Standard of Procedure) bila dibandingkan dengan cara manual atau akal-akalan?
  1. Tidak perlu mengetik ulang judul dan sub judul mana yang akan ditampilkan pada Daftar Isi.
  2. Tidak perlu lagi menekan key titik (.) pada keyboard untuk menghasilkan titik-titik atau indikator lainnya.
  3. Tidak lagi mencocokkan nomor halaman pada setiap judul dan sub judul yang ditampilkan pada Daftar Isi. Karena dengan sendirinya akan mendeteksi berada pada halaman berapa setiap judul atau sub judul tersebut.
  4. Setiap Judul dan sub judul tersebut secara otomatis membuat Link (bertautan) dengan judul atau sub judul pada halaman masing-masing. Jika kita ingin memperbaiki pada sub judul tertentu tidak perlu kita mencari/menggulung layar untuk mencari di mana letak sub judul tersebut, tapi cukup dengan menekan Ctrl dan klik pada sub judul yang akan kita edit maka seketika akan tampil halaman yang kita maksud.
Bagaimana cara membuatnya? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Selengkapnya dalam bentuk file Ms Word Silahkan Download.

0 comments:

Post a Comment