Tuesday, January 17, 2017

Buku: Full e-Learning dan Blended Learning

Posted by Aa Umar on 6:45 PM with 12 comments
Full e-Learning dan Blended Learning
Teori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran

Kata Pengantar
Prof. Dr. Karwono, M.Pd. (Rektor Universitas Muhammadiyah Metro)

Perkembangan dan kemajuan Tekonologi Informasi dan komunikasi (TIK) dewasa ini berlangsung sangat pesat, pengaruh TIK dalam dunia pendidikan semakin terasa sejalan dengan pergeseran pola pembelajaran dari tatap muka yang konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka. Para tokoh pendidikan meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat lebih luwes (fleksibel), terbuka dan dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.

Pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukan oleh gedung sekolah. Teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Dengan adanya TIK dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainnya, semuannya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswa.

Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan mahasiswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video dan online meeting. Interaksi yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgruop dan buletin board. Dengan cara tersebut interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis, dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat didownload oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh guru dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi didukung dengan metode pembayaran online.
 
Pembelajaran konvensional tidak lagi sepenuhnya menjadi andalan namun di tengah kemajuan teknologi saat ini diperlukan variasi metode yang lebih memberikan kesempatan untuk belajar dengan memanfaatkan aneka sumber, tidak hanya dari man power seperti halnya guru. Pembelajaran yang dibutuhkan adalah dengan memanfaatkan unsur teknologi informasi, dengan tidak meninggalkan pola bimbingan langsung dari pengajar dan pemanfaatan sumber belajar lebih luas. Konsep ini sering juga diistilahkan dengan pencampuran antara e-learning dengan konvensional sehingga disebut dengan blended learning. Saya menyambut baik penerbitan buku Full e-Learning dan Blended Learning: Teori dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran karya saudara Umar ini, sebagai salah satu kontribusi atas ilmu pengetahuan sekaligus untuk menjawab berbagai keterbatasan-keterbasan dalam pembelajaran.

Semoga ikhtiar penulis dalam menerbitkan buku ini, menjadi amal pahala dalam menyebarkan dan mewariskan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Amiin

12 comments:

  1. Asslamuallaikum pak. Maaf kalo boleh bertanya apakah buku ini sudah ad di pasaran

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Pak bukunya sudah ada dipasaran belum?

    ReplyDelete