Monday, April 01, 2013

Kelas C
Kelompok II
Putut Gilang Sapta. R, Maysaroh, Puji Hidayatun, Dian Sulasmi, Yusniar
BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan investasi yang paling utama bagi setiap bangsa, apa lagi bagi bangsa yang sedang berkembang, yang giat membangun negaranya. Pembangunan hanya dapat dilakukan oleh manusia yang dipersiapkan untuk itu melalui pendidikan.

Dalam angaran belanja Negara, pemerintah kita menyediakan biaya yang luar biasa banyaknya dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu atas keyakinan bahwa pembangunan bangsa harus disertai oleh pembangunan manusianya. Namun pembangunan manusia itu bukan hanya sekedar memberi kesempatan belajar saj, akan tetapi harus pula diusahakan agar pendidikan itu bermutu tinggi.

Mutu pendidikan banyak bergantung pada mutu guru dalam membimbing proses belajar – mengajar. Sejak berabad-abad orang berusaha untuk mencari prinsip-prinsip atau asas-asas didaktik. Namun demikian dianggap bahwa mengajar itu masih terlampau banyak merupakan seni yang banyak bergantung kepada bakat dan kepribadian guru.

Dalam zaman kemajuan ilmu pengetahuan ini para ahli berusaha untuk meningkatkan mengajar itu menjadi suati ilmu atau science. Dengan metode mengajar yang ilmiah diharapkan, proses belajar-mengajar itu lebih terjamin keberhasilanya. Inilah yang sedang diusahakan oleh teknologi pendidikan. Secara ideal diharapkan, bahwa pada suatu saat, mengajar atau mendidik itu menjadi suatu teknologi yang dapat dikenal dan dikuasai langkah-langkahnya. Cita-cita itu masih belum dicapai bahkan mungkin tak akan kunjung tercapai. Namun teknologi pendidikan memberi pendekatan yang sistematis dan kritis.

Suatu problem dalam pembelajaran saat ini adalah kurangnya teknologi yang dibutuhkan oleh peserta didik atau anak didik. Teknologi merupakan salah satu hal yang dapat digunakan dalam hal mengatasi problem-problem pembelajaran. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang ada saat ini, diharapkan akan dapat membantu dalam pembelajaran peserta didik dan dapat memudahkan pendidik dan anak didik dalam proses belajar mengajar.
 

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Teknologi Pendidikan

Ada beberapa pendapat tentang apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan. Istilah yang dugunakan dalam bahasa Inggris adalah instructional technology  atau educational technology. Ada yang berpendapat teknologi pendidikan adalah pegembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar manusia. Di sini diutamakan proses belajar  itu sendiri di samping alat-alat yang dapat mengenai software maupun hardwarenya,  software antara lain menganalisis dan mendesain urutan atau langkah-lamhkah belajar berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dengan metode penyajian yang serasi serta penilaian keberhasilannya.

Ada pula yang berpendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan metode problem solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern, akan tetapi juga tanpa alat-alat itu.

Pada hakikatnya teknologi pendidikan adalah suatu pendekatan yang sistematis dan kritis tentang pendidikan. Teknologi pendidikan memandang soal mengajar dan belajar sebagai masalah atau problem yang harus dihadapi secara rasional dan ilmiah.

Peran teknologi tentu saja memiliki peranan yang itu bisa dilihat dari penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan KTSP, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan perangkat pembelajaran lain. Hal lainnya adalah penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan bahan belajar, modul, buku teks atau e-book.

Teknologi juga dapat digunakan dalam penerapan metode pembelajaran yang lebih menekankan penerapan teori-teori belajar mutakhir. Mengembangkan dan memanfaatkan berbagai jenis media guna memajukan minat belajar siswa. Dan mengembangan strategi pembelajaran untuk membangun dan menemukan jati diri Pembelajaran Aktiv, inovatif, Kreatif, Evektif, dan Menyenangkan  (PAIKEM)

B.    Teknologi Dalam Pengajaran

Jenis teknologi dalam pengajaran terdiri dari media audiovisual (film, filmstrip, dan kaset video) dan komputer serta lain sebaginya. Memang ada bentuk teknologi lain yang dapat digunakan dalam pengajaran namun kedua jenis teknologi tersebut paling banyak pengunannya untuk menunjang pengajaran dalam kelas dan memiliki dampak terhadap pembuatan keputusan unstruksional
  1. Media audio visual ; penerapan pada prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran
  2. Komputer dan software ; pengunaan di kelas, jenis-jenis perangkat lunak yang dapat memepermudah akses belajar peserta didik dengan adanya laptop ataupun notebook yg sudah terjangkau di kalangan menengah kebawah. Serta software-software edukasi yg mendukung gairah belajar peserta didik.

Film, filmstrip, televisi dan kaset video merupakan media noniter-aktif, sebab si penonton atau peserta didik tidak dapat mengubah penyajian, tetap sama dalam kurun waktu, variasi hanya terjadi pada kualitas produksi, misalnya kualitas suara dan kejelasan gambar. Media-media tersebut paling efektif pengunaannya dalam pengajaran sebagai penunjang instruksional khusus, baik tujuan kognitif maupun tujuan afektif. Alat-alat tersebut dapat digunakan sebagian dari pelajaran atau dalam rangkaian unit pengajaran secara terencana. Sumber-sumber audio visual tersebut dipilih oleh guru tentunya tergantung pada dana yang tersedia, adanya sumber-sumber setempat, dan kebutuhan pembelajaran para siswa sesuai dengan instruksional.
a.    Macam-macam teknologi pendidikan dlam pembelajaran
  1. Whiteboard ini adalah salah satu alat teknologi dasar  yang mudah digunakan dan yg ada di sekolah maupun perguruan tinggi sekalipun, ababila di kombinasikan dengan komputer/laptop dan proyektor pembelajaran di ruang kelas akan lebih menarik dan efesien
  2. Teknologi pendidikan mengarah kepada perangkat keras seperti proyektor, laboraturium, komputer/laptop (CD ROM, LCD, TV, Video, sound amplifier dan software (perangkat lunak) seperti ITC dalam pembelajaran adalah e-learning yang dapat di pahami sebagai proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer/laptop  yg dilengkapi (internet, ekstranet) dan multimedia(audio, video, grafis) sebagai media utama dalam penyampaian materi dan interaksi antar pengajar.
Itulah sebagian kecil teknologi yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran, sehingga pembelajaran akan dirasakan lebih meyengangkan,efesien, interaktif sehingga materi pelajaran lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

C.     Penerapan Teknologi Pendidikan

Keuntungan dalam penerapan teknologi pendidikan adalah, dapat memadukan berbagai macam pendekatan dari bidang ekonomi, manajemen, psikologi, rekayasa, dll secara bersistem. Memecahkan masalah belajar pada manusia secara menyeluruh dan serempak dengan memperhatikan dan mengkaji semua kondisi dan saling kaitan di antaranya.

Menggunakan teknologi pendidikan sebagai proses dan produk untuk membantu memecahkan masalah belajar. Hal lain yang bisa dilihat adalah, timbulnya efek sinergi dimana penggabungan pendekatan/unsur-unsur mempunyai nilai lebih dari sekedar penjumlahan.

a.    Solusi Dalam Pengembangan Kurikulum
Pengembangan kurikulum/materi pelajaran yang berisikan muatan Information and Communication Technologies (ICT) atau sering di sebut TIK(teknologi informasi dan komunikasi)  dengan tujuan mewujudkan masyarakat baca berbasis ICT. Kurikulum dan materi diperuntukkan bagi siswa, guru/calon guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Melihat kondisi pendidikan kita maka perlu dikembangkan standar kompetensi yang diharapkan dikuasi baik oleh guru maupun siswa di bidang ICT. Dalam pendidikan yang modern perlu adanya pengintegrasian ICT ke dalam kurikulum dan proses pendidikan.

b.  Solusi dalam Pengembangan SDM
Dalam pengembangan SDM kita dapat menyelenggarakan diklat ICT bagi guru, siswa, pengelola pendidikan, penulis buku, perancang dan pengembang ICT. Hal diharapkan agar semakin dalam dan kaya pemahamannya tentang peranan dan potensi teknologi dalam pendidikan.

c.  Solusi Penyiapan Software
Keuntungan yang akan didapatkan dalam penerapan teknologi dalam pendidikan adalah kita mampu mengembangkan/memproduksi program ICT berbasis kompter multimedia. Sehingga mempermudah para pelaku pendidikan dalam meningkatkan minat belajar.  Hal lain yang menjadi solusi adalah mengembangkan prototype program ICT, mengoleksi program ICT dengan jalan membeli atau berlangganan, dan dapat mengadakan ujicoba/evaluasi penggunaan program ICT untuk pembelajaran.

d.  Solusi Penyiapan Hardware
Solusi dalam penyiapan hardware adalah kita dapat mengidentifikasi kriteria perangkat keras ICT yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. Meneliti rasio yang paling efektif tentang jumlah perangkat keras dan lunak dengan jumlah guru dan siswa. memahami cara memasang peralatan ICT, mengembangkan kriteria pemilihan peralatan ICT dan mengupayakan dana yang cukup untuk pengadaan peralatan ICT.

e.  Solusi Dalam Pengelolaan, Organisasi, Lingkungan (SETTING)
Untuk lebih memaksimalkan pengoloaan organisasi dan lingkungan kita dapat mendirikan pusat-pusat ICT serta memaksimalkan penggunaan pusat-pusat ICT yang ada untuk mengembangkan dan memproduksi program ICT. Untuk lebih mengenmbangkan jaringan maka kita juga dapat menjalin kerjasama antar lembaga yang terkait untuk mendapat dukungan serta mengembangkan jaringan informasi atar pengembang dan pengguna ICT.

f.  Solusi dalam Evaluasi
Dalam hal evaluasi, perlu disiapkan rencana evaluasi dan monitoring untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan penerapan strategi pemecahan masalah-masalah dalam menerapkan konsep dan prinsip teknologi pendidikan. Hasil evaluasi digunakan untuk memberikan tindak lanjut berupa perbaikan jika terjadi kegagalan dan penyebarluasan jika hasilnya sesuai dengan yang telah direncanakan

D.    Aplikasi Teknologi Pembelajaran dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran

Aplikasi atau penerapan teknologi pembelajaran dalam upaya pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran dengan cara :
  1. Memadukan berbagai macam pendekatan dari bidang ekonomi, manajemen, psikologi, rekayasa dan lain-lain secara bersistem
  2. Memecahkan masalah belajar pada manusia secara menyeluruh dan serempak, dengan memperhatikan dan mengkaji semua kondisi dan saling kaitan di antaranya
  3. Mengunakan teknologi sebagai proses dan produk untuk membantu memecahkan masalah belajar dan
  4. Timbulnya daya lipat atau efek sinergi, di mana penggabungan pendekatan dan atau unsur-unsur mempunyai nilai lebih dari sekedar penjumlahan. Demikian pula pemecahan secara menyeluruh dan serempak akan mempunyai nilai lbih dari pada memecahkan maslah secara terpisah.
Dibandingkan dengan penggunaan media lain sebagai media pembelajaran, internet menyajikan kemungkinan yang lebih luas dan memiliki dampak yang lebih serius terhadap masyarakat, baik masyarakat politik maupun masyarakat pendidikan. Sebagai contoh ialah televisi yang merupakan media massa, pemanfaatannya lebih menonjol pada aspek hiburan, walau sesungguhnya sebagai media dia juga mempunyai peran/fungsi yang lain yaitu pengawasan lingkungan korelasi antar bagian dalam masyarakat dan sosialisasi atau pewaris nilai-nilai (Lasswell dan Wright, 1975). Sedangkan komputer,internet pemanfaatanya lebih luas lagi yaitu mencakup bidang-bidang pekerjaan, sekolah (pendidikan), permainan/hiburan dan perdangan baik dalam lingkup individu, lingkup keluarga, institusi maupun bisnis. Dengan demikian tren ke depan menunjukan bahwa model-model pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) ini makin berkembang.

Sistem pembelajaran yang inovatif, sebagai bentuk aplikasi konsep teknologi pembelajaran, telah berhasil diciptakan dan bahkan dilembagakan dalam sistem pendidikan nasional. Sistem itu antara lain SD PAMONG(Pendidikan Anak oleh Masyarakat, Orang tua dan Guru), SD Kecil, SMP Terbuka, MTs Terbuka, SMA Terbuka, Universitas Terbuka, dan bebagai sitem pembelajaran jarak jauh yang diselanggarakan oleh berbagai lembaga Diklat, Diklat guru SD melalui Siaran Radio Pendidikan (Diklat SRP), Diklat bahasa Ingris Guru Sistem Jarak Jauh, program penyetaraan D-2 PGSD guru kelas melalui siaran pendidikan, Siaran Radio Pendidikan untuk Murid Sekolah Dasar, Pendidikan Dirumah yang sudah di lenkapai sarana berbasis teknologi yang maju (home Schooling) dan lain-lain.

Dengan demikian, aplikasi teknologi pembelajaran dalam pemecahan masalah belajar dan pembelajaran ini tidak akan terlepas dari pertimbangan ekonomi. Sementara itu kontribusi teori ekonomi dalam teknologi pembelajran yaitu menekankan pada proses untuk memperoleh nilai tambah, yaitu belajar akan lebih berkualitas, lebih produktif, lebih efesien, lebih efektif, lebih banyak, lebih luas, lebih cepat dan sebaginya.

E.    Manfaat Teknologi Pendidikan dan Kekuranganya

Meskipun dalam penggunaannya jenis-jenis teknologi dan media sangat dibutuhkan Pendidik dan Peserta didik dalam membantu kegiatan pembelajaran, namun secara umum terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Diantara kelebihan atau kegunaan media pembelajaran yaitu:

1.     Manfaat teknologi pendidikan

Teknologi pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan :
  • Memperjelas penyajian pesan agar agar tidak terlalau bersifat veralistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)
  • Untuk organisir produksi, multi media sebagai pengetahuan pelajar
  • Teknologi Pendidikan sebagai sarana informasi untuk meyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar: untuk mengakses informasi yang di perlukan
  • Teknologi pendidikan sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara
  • Menimbulkan kegairahan belajar
  • Untuk mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antar angota sosial
  • Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan mempresentasikan apa yang mereka ketahui
  • Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah
  • Teknologi pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar
  • Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
Teknologi pendidikan dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan lingkungannya dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan. Teknologi pendidikan dapat mengatasi keterbatasan indera ruang gerak dan waktu.

2.  Kekuranganya
  • Pihak guru yang tidak bisa mengoprasikan/menguasai elektronika akan tertingal oleh siswa
  • Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedang realita masih kurang
  • Teknologi pendidikan baik hardware maupun software membutuhkan biaya yang mahal
  • Keterbatasan sarana dan prasarana sekolah akan menghambat motivasi pendidikan
  • Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk hardware memerlukan kontrol yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet dan software
  • Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi cenderung gagal
Itulah beberapa kelemahan dan kelebihan dari teknologi sebagai peran penunjang dalam proses berjalannya pembelajaran yang lebih efektif,efesien dan interaktif serta menyenanagkan namun didalam teknologi juga banyak kelemahannya yg tentunya kita harus bisa menjaga dan selalu mengawasi dalam penggunaan serta pemanfaatan teknologi secara benar.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Kehadiran Teknologi dalam dunia pendidikan memang menunjang pembelajaran yang lebih efesien dan teknologi bukanlah barang yang hanya dimiliki oleh orang berbisnis saja namun kalangan masyarakat menengah kebawah sudah dapat menjangkau teknologi yang telah di sediakan, namun tidak semua teknologi dapat dinikmati oelah lapisan masayarakat keseluruhan dimana kadar kemanmpaun tingkatan ekomomi masyarakat berbeda-beda. Didalam hal ini sekolah atau perguruan tinggi harus mampu harus mampu untuk memiliki teknologi tersebut  sehingga dapat memberikan peran yang baru mendukung pembelajaran yang efektif, efisien, menarik, menyenangkan, interaktif  dan mampu mengembangkan kecakapan perseorangan secara maksimal, baik secara afektif, kognitif, maupun psikomotorik.

Peran teknologi tentu saja memiliki peranan yang itu bisa dilihat dari penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan KTSP, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan perangkat pembelajaran lain. Hal lainnya adalah penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan bahan belajar, modul, buku teks atau e-book.

Teknologi juga dapat digunakan dalam penerapan metode pembelajaran yang lebih menekankan penerapan teori-teori belajar mutakhir. Mengembangkan dan memanfaatkan berbagai jenis media guna memajukan minat belajar siswa. Dan mengembangan strategi pembelajaran untuk membangun dan menemukan jati diri Pembelajaran Aktiv, inovatif, Kreatif, Evektif, dan Menyenangkan  (PAIKEM)

Adapun kelemahan teknologi yaang harus diperhatikan antara lain :
  1. Pihak guru yang tidak bisa mengoprasikan/menguasai elektronika akan tertingal oleh siswa
  2. Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedang realita masih kurang
  3. Teknologi pendidikan baik hardware maupun software membutuhkan biaya yang mahal
  4. Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk hardware memerlukan kontrol yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet dan software

DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr.S. Nasution, M.A, Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1994;
Bamabang Warsita, Teknologi Pembelajaran :Landasan dan Aplikasinya,  Jakarta: Rineka Cipta, 2008;
Prof. Dr. Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar,  Jakarta: PT Bumi Aksara 2001;
Arsyad  Azhar, Media Pengajaran,  Jakarta: PT Raja Grafindo, 1997;
http://www.scribd.com/doc/30274791/TEKNOLOGI-PENDIDIKAN;
http://taufiq-saifuddin.blogspot.com/2011/11/problem-problem-pendidikan-ii.html.
Pendapat Anda?

44 comments:

  1. Nur darojatun Nikmah pai C ( 1168461)Wednesday, April 03, 2013 3:56:00 AM

    Di dalam makalah disebutkan ada penerapan metode problem solving dalam pendidikan, yang akan saya tanyakan penerapan problem solving itu seperti apa,,,, dan adakah keunggulan dan kelemahan dalam metode problem solving tersebut.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. problem solving yaitu pemecahan masalah, penerapannya: kaitannya dengan teknologi adalah memudahkan peserta didik untuk memecahkan masalah dalam pendidikan, contoh yang kita rasakan sekarang adalah "internet", dengan adanya internet maka peserta didik akan mudah untuk mengetahui info dunia dengan cara menjelajahi pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya.
      kelebihan: dengan problem solving, masalah akan terpecahkan.
      untuk kelemahannya, saya belum mengetahuinya.... :)

      Delete
    2. Metode problem solving dapat membuat pendidikan di sekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dengan dunia kerja. dalam Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah (problem solving) dapat membiasakan siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil. selajutnya Metode ini merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya, siswa banyak melakukan proses runtut dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencapai pemecahannya. dan bekembangnya teknologi di dunia pendidikan adalah sebagai salah satu pemecahan masalah dalam pembelajaran siswa yang monoton serta melepaskan dunia pendidikan dari kungkungan model pembelajaran konvensional.
      Keunggulan
      Keunggulan dari penggunaan problem solving menurut saya dapat Melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan(robotik, metode penelitian dll),dapat melatih peserta didik Berpikir dan bertindak kreatif,
      Kelemahanya dari penggunaan problem solving
      Memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain jadi metode problem solving ini harus memerlukan waktu yang lama agar peserta didik dapat memecahkan suatu permasalahan,

      Delete
    3. dian sulasmi(1167531/PAI C)Wednesday, April 10, 2013 8:11:00 PM

      saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari Nikmah, saya sejutu dengan rekan-rekan bahwasaanya pendekatan problem solving teknologi pendidikan merupakan sesuatu pemecahan masalah dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat modern,yang pada hakekatnya teknologi pendidikan adalah suatu pendekatan yang sistematis dan kritis tentang pendidikan dalam kehidupan sehari-hari.

      Delete
    4. Maisyaroh (1168101/PAI C)Thursday, April 11, 2013 6:01:00 AM

      menurut saya pendekatan problem solving teknologi pendidikan merupakan salah satu solusi pemecahan masalah dalam dunia pendidikan yang biasanya dilakukan dengan bantuan media atau alat alat yang modern, yang lebih memudahkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
      keunggulan teknologi solving yaitu dapat meningkatan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian, hendaknya dapat menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif seperti problem solving, sehingga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik lagi.
      kelemahan dari yaitu,pendekatan problem solving dalam pendidikan pada hakikatnya memiliki banyak keunggulan, namun disisi lain pendekatan ini justru akan membuat siswa menjadi malas untuk mengembangkan potensi dari dirinya, karena pendekatan metode solving tidak mengajarkan siswa untuk berusaha sendiri dengan membaca buku dan mencari dari sumber lainnya, mereka hanya memecahkan masalah pendidikan dengan cara yang cepat dan praktis.

      Delete
  2. teknologi semakin lama semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman..
    yang saya ingin tanyakan menurut pendapat kelompok anda, dengan adanya perkembangan teknologi/semakin berkembangnya teknologi tersebut,apakah mutu pendidikan di indonesia ini akan semakin maju/meningkat atau kah akan semakin turun ? jika semakin meningkat apa alasanya dan jika turun apa alasannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syamsilah (PAI. C) 1169141Saturday, April 06, 2013 2:07:00 AM

      saya akan mencoba menjawab pertanaan dari saudara Ahmad Nasrullah.

      , menurut saya dngan adanya perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang, akan dapat meningkatkan mutu pendidikan diindonesia jika didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya memanfaatkan teknologi dlam dunia pendidikan.

      sekian dari banyaknya pelajar diindonesia sangat menyukai pembelajaran dengan menggunakan teknologi, terutama teknologi berbasis elektronik. jika hal itu dapat diperhatikan dan diarahkan dengan baik dalam memanfaatkan teknologi yang semakin hari semakin berkembang, maka tidak menutup kemungkinan mutu pendidikan di indonesia akan dapat berkembang dengan baik.

      Delete
    2. syamsilah@..
      menurut anda dengan berkembangnya teknologi mutu pendidikan akan semakin meningkat. sekarang coba kita lihat, mutu pendidikan di negara kita seperti apa, semakin meningkat atau menurun,.. di negara kita teknologi semakin berkembang... mnrt anda bagai mana..

      Delete
    3. ya mutu pendidikan akan semakin maju,dengan adanya teknologi pendidikan.
      menurut saya teknologi yang masuk dalam dunia pendidikan di indonesia adalah salah satu peningkatan mutu pendidikan di indonesia. kita berada ditengah2 negra2 yang berkembang akan jhadirnya teknologi yang semkin lama semakin inovatif dalam perkembangnya khusus nya di bidang pendidikan, karena hadirnya teknologi di dalam dunia pendidikan dapat membuat sistem pembelajaran berubah, dari yg tadinya peserta didik di tuntut untuk memaksa peserta didik untuk mengikuti pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan yaitu dengan menjelaskan dan haruss cepat memahami apa yg dijelaskan pendidik tanpa adanya perantara teknologi, dengan mengunakan buku saja, itu dapat membuat anak semakin hari semakin bosan akan pembelajran yg konvensiaonal tersebut, masuknya teknologi dalam dunia pendidikan membuat akses pembelajaran peserta didik semakin luas tidak hanya dengan model pembelajaran yg monoton di kelas saja, namun masuknya teknologi dapat memebuat akses belajar peserta didik dapat di lakukan di mana saja contohnya saja kita ini berdiskusi secara online itu membuat suasana baru yg lebih bebas dan menyenangkan serta aktif,inovatif, dan efektif, dimana peserta didik yang tadinya di kelas tidak aktif atau malu tidak berani berbicara di depan kelas menjadi aktif dalam model pembelajaran online ini,, ini termasuk peran teknologii dalam dunia pendidikan. jadi peran teknologi dalam dunia pendidikan di indonesia ini sebagai salah satu peran penting dalam meningkatnya mutu pendidikan. serta pengunana teknologi itu harus di awasi oleh orang yg dewasa agar pengunaanya dapat di manfaatkan secara baik guna meningkatkan mutu pendidikan di indonesia, kembalii kepada diri masaing2 saja, gunakanlah sesuatu hal yg ada dengan baik makan hasilnya akan baik dan begitu sebaliknya,

      terimakasih itu pendapat saya, jika masih belum jelas bisa ditanyakan kepada bapak Umar dalam pertemuan tatap muka di kelas,

      Delete
    4. putu@ skrg aya tanya mutu pendidikan di negara kita semakin naik atau menurun...

      Delete
    5. saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan dari saudara nasrul, mengenai, menaik atau menurun kah mutu pendidikan sekarang, jawabannya yaitu: kalau menurut saya tergantung dengan peserta didik itu sendiri apakah dia hanya mengandalkan teknologi atau benar-benar dia menggunakan pemikirannya untuk lebih maju,,, mengenai mutu, ada lembaga pendidikan yang sudah membuktikan bahwa mutu pendidikannya sudah maju, tapi mungkin ada pula mutu pendidikan yang belum maju namun masih dalam proses... kembali lagi tergantung pada kemauan dan usaha kita untuk maju....

      Delete
    6. Maisyaroh (1168101/PAI C)Thursday, April 11, 2013 6:16:00 AM

      saya akan mencoba menjawab pertanyaan ahmad nasrullah, menurut saya mutu pendidikan diIndonesia semakin tahun semakin meningkat dengan adanya program dana BOS dari pemerintah yang dapat membantu pelajar kurang mampu untuk terus belajar sammpai 9 tahun, dan masalah prestasi Indonesia juga tidak kalah hal ini dapat dilihat dari meningkatnya para pelajar untuk melanjutkan studinya baik di dalam maupun diluar negeri,dan sering munculnya hasil-hasil inovasi dari para pelajar di indonesia contoh,para pelajar di solo yang dapat menciptkan mobil ramah lingkungan dan dapat menjadi solusi penghematan bahan bakar, dan mahasiswa teknokrat yang selalu memenangkan lomba robot baru yang dapat membantu memudahkan aktivitas manusia. jadi menurut saya pendidikan di indonesia mengalami peningkatan yang cukup baik.

      Delete
  3. Nur darojatun Nikmah pai C ( 1168461)Wednesday, April 03, 2013 4:06:00 AM

    Di dalam makalah disebutkan ada penerapan metode problem solving dalam pendidikan, yang akan saya tanyakan penerapan problem solving itu seperti apa,,,, dan adakah keunggulan dan kelemahan dalam metode problem solving tersebut.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Saya akan bertanya berkenaan dgn materi kelompok 2 tentang Aplikasi atau penerapan teknologi pembelajaran dalam upaya pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran. Yang mana pada makalah disebutkan salah satu aplikasinya yaitu dgn cara Memadukan berbagai macam pendekatan dari bidang ekonomi, manajemen, psikologi, rekayasa dan lain-lain secara bersistem. Nah,tolong berikan penjelasan yg lebih kongkrit tentang pemaduan antara teknologi dgn berbagai pendekatan2 trsbut baik dr bidang ekonomi, psikologi, manajemen dsb secara bersistem itu seperti apa! serta berikan contoh perpaduannya tersebut didlm dunia pendidikan seperti apa agar mudah di pahami !
    terimakasih.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. menerapkan teknologi pendidikan di bidang ekonomi,manajemen,psikologi, maupun rekasaya
      menurut saya
      memadukan teknologi pendidikan dalam bidang ekonomi adalah proses yang bersistem dalam usaha mendidikan atau membelajarkan , Dalam proses yang bersistem ini kemungkinan besar digunakan teknologi pendidikan sebagai produk.jadi pengusaan teknologi pendidikan contohnya di e-learning dapat dijadikan komoditi yang menyediakan computer,buku dll.

      pengetahuan teknologi pendidikan dapat memepermudah jalannya pendekatan antara kejiawaan yg sedang dialamii peserta didik, contohnya untuk mengetahui taraf perkembangan peserta didik di gunanakan teknologi agar dapat mengukur bagaimana perkembangan pembelajaran apakah dia lebih senang dengan belajar konstektual atau dengan belajar menguunakan media teknologi seperti komputer dll sebagainya
      begitupun dalam bidang rekayasa, dimana disini teknologi pendidikan berperan dalam bidang sains,

      itumungkin yg dapat bisa saya jelaskan.

      Delete
  5. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari NUR DAROJATUN NIKMAH (1168461). yang mana pertanyaannya berkenaan dgn Problem Solving. Problem solving itu sendiri artinya Pemecahan masalah. Nah, yang dimaksud dlm makalah tersebut diatas yakni Teknologi sebagai sebuah pendekatan dalam proses pemecahan masalah di dlm pendidikan. kita ketahui bahwasanya Suatu problem/masalah dalam pembelajaran yg ada dlm dunia pendidikan adalah kurangnya teknologi yang dibutuhkan oleh peserta didik atau anak didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, adanya Teknologi itu sebagai bentuk pemecahan masalah atas suatu problem2 dalam proses pembelajaran. Intinya Teknologi itu sebagai salah satu metode/ cara dalam men-Solve berbagai maslah2 yang ada dlm proses pembelajaran. kalau kelebihannya, teknologi sbg problem solving dlm pembelajaran tentunya akan dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang tadinya stagnan/ajeg ke yg lebih modern sehingga tidak manual lagi dan proses pendidikan akan dpat mengembangan strategi pembelajaran untuk membangun dan menemukan jati diri Pembelajaran Aktiv, inovatif, Kreatif, Evektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)...
    terimakasih.. ^_^

    ReplyDelete
  6. @Nur darojatun ni'mah

    Metode problem solving dapat membuat pendidikan di sekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dengan dunia kerja. dalam Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah (problrm solving) dapat membiasakan siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil, hal ini merupakan kemampuan yang sangat bermakna bagi kehidupan manusia. selajutnya Metode ini merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya, siswa banyak melakukan proses runtut dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencapai pemecahannya. dan bekembangnya teknologi di dunia pendidikan adalah sebagai salah satu pemecahan masalah dalam pembelajaran siswa yang monoton serta melepaskan dunia pendidikan dari kungkungan model pembelajaran konvensional yang cenderung memaksa anak didik untuk mengikuti pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan, maka dari pada itu teknologi dalam dunia pendidikan dapat menjadi problem solving dalam pembelajaran aagar menjadi pembelajaran aktif,inovatif,kreatif,evektif dan menyenangkan.


    Keunggulan dan Kelemahan Problem Solving
    Keunggulan dari penggunaan problem solving menurut saya dapat Melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan(robotik, metode penelitian dll),dapat melatih peserta didik Berpikir dan bertindak kreatif, dapat Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis(nyata yg sedang dihadapi, Menstimulus(merangsang) perkembangan kemajuan berfikir peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, Mampu mencari berbagai jalan keluar dari suatu kesulitan yang dihadapi( dengan teknologi dll) serta Mendidik siswa percaya diri sendiri.

    Kelemahanya dari penggunaan problem solving
    Memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain jadi metode problem solving ini harus memerlukan waktu yang lama agar peserta didik dapat memecahkan suatu permasalahan, Kalau di dalam kelompok itu kemampuan anggotanya monoton atau cenderung peserta didik yang pandai akan mendominasi dalam diskusi sedang peserta didik yang kurang pandai menjadi pasif sebagai pendengar saja.

    ReplyDelete
  7. @Ahmad Nasrullah

    ya mutu pendidikan akan semakin maju,dengan adanya teknologi pendidikan.
    menurut saya teknologi yang masuk dalam dunia pendidikan di indonesia adalah salah satu peningkatan mutu pendidikan di indonesia. kita berada ditengah2 negra2 yang berkembang akan jhadirnya teknologi yang semkin lama semakin inovatif dalam perkembangnya khusus nya di bidang pendidikan, karena hadirnya teknologi di dalam dunia pendidikan dapat membuat sistem pembelajaran berubah, dari yg tadinya peserta didik di tuntut untuk memaksa peserta didik untuk mengikuti pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan yaitu dengan menjelaskan dan haruss cepat memahami apa yg dijelaskan pendidik tanpa adanya perantara teknologi, dengan mengunakan buku saja, itu dapat membuat anak semakin hari semakin bosan akan pembelajran yg konvensiaonal tersebut, masuknya teknologi dalam dunia pendidikan membuat akses pembelajaran peserta didik semakin luas tidak hanya dengan model pembelajaran yg monoton di kelas saja, namun masuknya teknologi dapat memebuat akses belajar peserta didik dapat di lakukan di mana saja contohnya saja kita ini berdiskusi secara online itu membuat suasana baru yg lebih bebas dan menyenangkan serta aktif,inovatif, dan efektif, dimana peserta didik yang tadinya di kelas tidak aktif atau malu tidak berani berbicara di depan kelas menjadi aktif dalam model pembelajaran online ini,, ini termasuk peran teknologii dalam dunia pendidikan. jadi peran teknologi dalam dunia pendidikan di indonesia ini sebagai salah satu peran penting dalam meningkatnya mutu pendidikan. serta pengunana teknologi itu harus di awasi oleh orang yg dewasa agar pengunaanya dapat di manfaatkan secara baik guna meningkatkan mutu pendidikan di indonesia, kembalii kepada diri masaing2 saja, gunakanlah sesuatu hal yg ada dengan baik makan hasilnya akan baik dan begitu sebaliknya,

    terimakasih itu pendapat saya, jika masih belum jelas bisa ditanyakan kepada bapak Umar dalam pertemuan tatap muka di kelas, atau di tanyakan langsung kepada pematerii di kelas,, :)

    ReplyDelete
  8. asalamu'alaikum wr.wb
    disini pemaklah klompok 2 telah membahas tentang Teknologi Sebagai Sebuah Pendekatan dalam problem pendidikan,yang ingin saya tanyakan pendekatan teknologi yang seperti apa dalam pendidikan dan problem2 pa yang terjadi dalam pendidikan? berikan contohnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ingin menanggapi tentang problem yang terjadi dalam teknologi pendidikan...
      TIK sekarang memang sedang jadi tren termasuk dalam ranah kajian dan praksis TP, Mereka yang mendewa-dewakan internet dan jenis TIK lainnya dalam pendidikan seringklai lupa, bahwa terdapat kompleksitas dimensi dari implementasi media pembelajaran dan pendidikan—termasuk TIK tentunya—yang tidak dapat ditangani oleh hanya kemampuan teknis mengoperasikan TIK saja. Kemampuan “pedagogi” diremehkan dengan mengganggapnya sekadar sebagai “cara mengajar” yang tiap orang pasti bisa melakukannya tanpa harus belajar secara akademik. Oleh karena itu, posisi yang harus dijelaskan adalah: (1) karena TIK bagian dari TP dan TP merupakan bagian dari ranah pendidikan, maka pedagogi sangat penting dalam kajian dan praksis TIK dalam TP; (2) seorang guru/dosen yang membelajarkan TIK pada siswa/mahasiswanya tidak sekadar memerlukan penguasaan teknis TIK belaka, lebih dari itu harus dilandasi oleh pedagogi yang kuat.

      Pada kenyataannya gerak langkah TP sebagai sebuah kajian dan praksis pendidikan di Indonesia masih belum kokoh, seperti: (1) minimnya formasi/posisi TP di sekolah dan Dinas Pendidikan; (2) masih lemahnya penelitian-penelitian yang mendasar dan betul-betul dapat membangun TP sebagai sebuah kajian dan praksis pendidikan; (3) belum dipahaminya TP secara utuh dan komprehensif bahkan oleh banyak dosen yang mengajar di jurusan TP sendiri. Setidaknya tiga masalah inilah yang menjadi sebab “tergelincirnya” TP pada tataran konseptual dan praksis di jurusan-jurusan TP menjadi sekadar TIK.

      Delete
    2. menurut saya teknologi sebagai pendekatan dalam problem pendidikan itu adalahh dimana masuknya teknologii sebagaii probel solving atau pemecahan masalah dalam pendidikan guna mencapai pembelajaran yg lebihh aktif efektif,inovatif,bebas, maumpun menyenangkan, memudahkan peserta didik mendapatkan pembelajaran yg baru dalam berperanya teknologi, yg tadinya peserta didik bosan ataupun jenuh di jejali pengngunakan metode pembelajaran yg konvesional, hadirnya teknologi dalam dunia pendidikan memebuatt pembelajaran semakin inovatif, namun teknologi pendidikan itu bukan acuan utama melainkan sebagai sarana pendudkung, namaun hal yg utama ialah pendidik bagaimana menciptakan pembelajaran yg tidak bosan dengan suasan kelas saja mampu menerapkan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran di lingungan terbuka.

      Delete
  9. saya ingin bertanya, bagaimana tindakan kita terhadap guru yang belum mampu menggunakan teknologi berupa elektronika contoh komputer dan internet???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahmadnasrullah.blogspot.com
      menurut pendapat saya tindakan kita terhadap guru yang belum mampu menggunakan teknologi elektronok, memang banyak guru yang tidak bisa menggunakan teknologi sperti komputer dan internet, jadi kita sebagai generasi penerus, kita harus berusaha jangan sampai diri kita itu gaptek, jadi kita dimasa belajar ini kita harus benar2 belajar tentang teknologi, jadi di sisi lain kalo kita bisa menggunakan teknooi seperti komputer dan internet, di saat kita terjun di dunia pendidikan kita tdk termasuk guru yang gaptek, dan kita bisa mengajari para guru yang di masa dia belajar belum ada komputer atau internet, jdi kita kembali kediri kita sendiri, bisa tidak kita menggunakan teknologi elektronik, kalau kita bisa kita bisa mengambil tindakn untuk belajar bareng/kita ajari guru yg mempunyai kemauan untuk belajar teknologi elektronik, tp kalau diri kita tidak bisa teknologi elektronok, bagaimana kita mau bertindak... terima kasih..

      Delete
    2. saya akan menanggapi pertanyaan dari siti Nurjanah, sikap kita terhadap guru yang belum mampu menggunakan teknologi berupa komputer dan internet yaitu kita sebagai penerus generasi muda yang sudah mengenal berbagai media elektronik harus mengajarkan para guru yang belum mampu menggunakan teknologi, sebab teknologi elektronika komputer dan internet itu adalah sebagai suatu alat/sarana pembelajaran. kembali ke individunya sendiri apabila seorang guru yang tidak mau dianggap gaptek oleh siswanya maka seorang guru itu harus sudah bisa menggunakan alat-alat elektronika yang sudah berkembang pada saat ini, apabila seorang guru tersebut tidak mau belajar teknologi yang telah berkembang pada saat ini,ya otomatis guru tersebut itu akan ketinggalan zaman atas perkembangan kemajuan teknologi tersebut.

      Delete
    3. bagaimana tindakan kita terhadap guru yang gaptek,, kita tidak harus pusing memikirkan hal seperti itu karena untuk guru yg gaptek itu urusan lembaga yg mempunyai wewenang dalam menjadikan guru tidak gaptek lagi, bisa juga lembaga bisa mengadakan sosialisasi terhadap guru yg gaptek dan sekrang ini semua guru atau pendidik harus dituntut untuk dapat mampu mengunakan teknologi berbasis komputer maupun internet.
      dan kita sebaiknya sebagai generasi penerusnya harus mampu menguasai penggunaan teknologi yg semakain berkembang, agar pembelajaran tidak membosankan dengan pmetode konvesional saja

      Delete
    4. Maisyaroh (1168101/PAI C)Thursday, April 11, 2013 6:39:00 AM

      tindakan yang kita lakukan dalam menanggapi guru yang gaptek yaitu kita tidak perlu mempermasalahkan hal itu kepada guru kita dalam proses pembelajaran, menurut saya itu hal yang lumrah dan perlu dimaklumi, karena melihat memang di indonesia tidak semua sekolah-sekolah mampu membeli alat-alat pembantu proses pembelajaran. sehingga wajar bila para pengajar kita tidak terlalu menguasai teknologi ataupun gaptek. namun, sebagai siswa yang sudah sedikit memiliki pengetahuan tentang teknologi dalam pendidikan kita sebaiknya mengenalkan dan mengajarkan kepada guru tersebut mengenai alat-alat dan teknologi dalam pendidikan, agar lambat laun guru tersebut dapat mengerti dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar.

      Delete
    5. Ika nurrachma :(PAI/1V/C)
      dlam menenggapi guru yang gaptek,.
      sepertinya tindaka yg harus dilkukan yaitu d.adakanya pelatihan untuk para guru mengnai tekhnologi .
      seperti contohnya pelatihan pelatihan diluar lampung sana yang pernah d.ikuti oleh bapak muhammad ali.
      dan selanjutnya setelah salah satu atau beberpa utusan dari sekolah mengikuti pelatihan tersebut,.
      beliau menyalurkan balik ilmu yg telah dia dapat kepada para guru lain yang belum seberapa tahu mengenai tekhnologi.

      Delete
  10. Heny Novita Sari (1167801) D
    menurut pendapat kelompok anda, pengertian dari "teknologi sebagai pendekatan dalam problem pendidikan" itu sendiri apa?
    mohon penjelasannya dari pemakalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya teknologi sebagai pendekatan dalam problem pendidikan itu adalahh dimana masuknya teknologii sebagaii probel solving atau pemecahan masalah dalam pendidikan guna mencapai pembelajaran yg lebihh aktif efektif,inovatif,bebas, maumpun menyenangkan, memudahkan peserta didik mendapatkan pembelajaran yg baru dalam berperanya teknologi, yg tadinya peserta didik bosan ataupun jenuh di jejali pengngunakan metode pembelajaran yg konvesional, hadirnya teknologi dalam dunia pendidikan memebuatt pembelajaran semakin inovatif, namun teknologi pendidikan itu bukan acuan utama melainkan sebagai sarana pendudkung, namaun hal yg utama ialah pendidik bagaimana menciptakan pembelajaran yg tidak bosan dengan suasan kelas saja mampu menerapkan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran di lingungan terbuka.

      Delete
  11. di negara kita yang namanya teknologi pendidikan semakin lama semakin berkembang.. kemudian saya ingin bertanya, menurut anda teknologi apa sih yang cocok untuk di gunakan dalam pendidikan di negara ini...? terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syamsilah (PAI. C) 1169141Saturday, April 06, 2013 1:54:00 AM

      saya akan mencoba mencoba menjawab prtnyaan dari Ani Muliani..
      teknologi pendidikan yang cocok digunakan di negara kita saat ini menurut saya adalah teknologi pendidikan berbasis elektronik.. bukan hanya agar dapat mempermudah pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga agar menumbuhkan minat anak bangsa terhadap dunia pendidikan. karena sebagaimana kita tahu pada saat ini pembelajaran melalui media elektronik banyak ragam caranya dan macam hal yang diperoleh. selain itu penggunaan teknologi elektronik dalam pembelajaran juga dapat menyetarakan pengetahuan kita pada perkembangan zaman, agar negara kita tidak terlampau jauh ketinggalan di bandingkan kemajuan negara-negara lain.
      dengan menggunakan teknologi pendidikan berbasis elektronik, bukan berarti kita meninggalkan kebiasaan terdahulu terhadap pembelajaran manual, tetapi dengan adanya teknologi modern dalam kehidupan era global ini, sebagai calon pendidik kita harus mampu menerapkan teknologi yang baik untuk pembelajaran dan memanfaatkannya sebaik mngkin. terima kasih !!

      Delete
    2. menurut saya penerapan teknologi yg cocok di terapkan di indonesia yaitu ICT(information, Comunication and Technologies) atau sering kita sebut TIK (teknologi informasi dan komunikasi) Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.

      Delete
    3. dian sulasmi (pemakala,1167531/PAI,C)Thursday, April 11, 2013 1:02:00 AM

      saya akan sedikit menambahi pertanyaan dari saudari ani, menurut saya tekhonologi yang cocok di negara kita yaitu,tekhnologi yang bersifat benda atau elektronik dan di gital, karena mempunyi keunggulan yaitu Hemat Biaya,hemat tempat,bersih dan reamah lingkungan,menjangkau seluruh dunia,sehingga dapat membantu dalam pendidikan, terutama bagi semua kalangan pelajar,

      Delete
  12. menurut kelompok anda, bagaimana peran tekhnologi dalam mengatasi problema pendidikan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya Teknologi mempunyai peran penting dalam mengatasi masalah-masalah yg terdapat pada pendidikankhususnya terhadap pembelajaran peserta didik, karena teknologi dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran yg lebih aktif,efektif,efesien, maupun menyenangkan, karena siswa sering bosan dengan pembelajar dengan mengunanakan metode konvensional.

      Delete
    2. PAI C
      peran tekhnologi dalam masalah pendidikan sangatlah penting Memberikan kemudahan terhadap dunia pendidikan dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional Indonesia secara umum;.2. Meningkatkan mutu pendidikan karena dengan dapat dengan mudah menerima informasi baik dari dalam maupun dari luar negeri;
      dan saiia setuju dengan saudara gilang bahwa tekhnologi dapat d.jadikan alat alternatif dalam proses pembelajaran yag lebih efektif ,aktif,efisien,maupun menyenangkan.

      Delete
  13. Saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa teknologi digunakan sebaga metode pembelajaran sangat efektif, karena lebih praktif lebih efisien dan lebih mudah diterima oleh siswa. Pertanyaan saya sekarang adalah kenapa sampai saat ini pemerintah masih setengah2 dalam memberikan sarana dan prasarana pendidikan lebih khususnya dalam bidang tekhnologi?? Coba kita bayangkan sistem pendidikan di Indonesia saat ini mendapat reting atau prestasi terendah di dunia? Selanjutnya kenapa pendidikan di Indonesia masih terlihat monoton dalam arti siswa harus menurut guru bukan guru mengikuti kehendak siswa, secara the facto guru harus memberikan yang terbaik dan dipercaya menggunakan metode apa saja yang penting siswa paham?? Tapi secara the jure guru malah seenaknya sendiri. Yang saya lihat di lapangan kebanyakan guru masih buta teknologi?? Apa gurunya yang salah atau apa pemerintah yang salah karena tidak memberikan pelatihan dan sosialisasi tentang teknologi?? Kenapa hal ini terjadi?????

    ReplyDelete
  14. suska yani (PAI C 1169121)Thursday, April 11, 2013 12:37:00 AM

    saya ingin bertanya berkaitan dengan media audio visual, prinsip-prinsip apa saja kah yang digunakan dalam media pendidikan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dian sulasmi (pemakalah,1167531/PAI,C)Thursday, April 11, 2013 1:18:00 AM

      saya akan mencoba menjawap pertanyaan dari saudara suska, prinsip-prinsip yang di gunakan dalam media pendidikan yang berkaitan dengan media audio visual, kita harus mengetahui terlebih dahulu, apa yang di maksud dengan media audio visual yaitu media penglihatan. Media berbasis visual (image) memegang peran penting dalam prose belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Bentuk visual dapat berupa gambar representasi seperti gambar, lukisan atau foto yang menunjukkan bagaimana tampaknya sesuatu benda. prinsip- prinsipnya yaitu Visualisasi digunakan untuk menekankan informasi sasaran, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
      Ulangi sajian visual dan libatkan siswa untuk meningkatkan daya ingat
      Hindari sajian visual yang sangat berimbang
      Tekankan kejelasan dan kecepatan dalam semua sajian visual
      Gunakan warna secara realistis, sehingga apa yang akan di tampilkan lebih jelas.
      Warna dan pemberian bayangan digunakan untuk mengarahkan perhatian dan membedakan komponen – komponen
      Sajian visual (khususnya diagram ) sangat membantu untuk mempelajari materi yang agak kompleks.

      Delete
    2. Maisyaroh (1168101/PAI C)Thursday, April 11, 2013 6:51:00 AM

      saya akan menjawab pertanyaan dari saudari suska yani mengenai audio visual atau media penglihatan. hal ini cukup menarik dan menyenangkan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran karena selain mendengarkan siswa juga dapat melihat langsung objek yang dijelaskan, seperti gambar peta yang menunjukan suatu tempat, atau gambar-gambar sistem pernafasan, dan sistem rantai makanan. jadi siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan mudah untuk diingat.

      Delete
  15. saya mau bertanya berkenaan dengan judul makalah anda, mengapa teknologi pendidikan merupakan pendekatan yang sistematis untuk memecahkan berbagai problem pendidikan?prosedur apa saja yang digunakan dalam pendekatan teknologi untuk memecahkan problem-problem tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum saya jawab pertanyaan saudari Nur Handayani saya akan mengartikan kata yang sangat urgen dalam pertanyaan saudari Nur Handayani yaitu (sistematis dan problem solving).
      arti sistematis dalam kamus bahasa indonesia adalah teratur menurut sistem; memakai sistem; dng cara yg diatur baik-baik sedangkan Problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat (Hamalik, 1994:151).
      Jadi menurut paradigma saya pengertian teknologi pendidikan merupakan pendekatan yang sistematis adalah pendekatan yang lebih mengarah ke teknologi seperti radio, TV, internet dan media lainnya sehingga dengan media tersebut siswa lebih mudah memecahkan permasalahan pendidikan dengan cara problem solving dalam arti memecahkan masalah berdasarkan data dan informasi yang akurat. dan ketika memecahkan masalah pendidikan dengan teknologi pendidikan harus sistematis dalam arti ketika menyelesaikan masalah harus menggunakan sistem lebih jelasnya masalah harus diklasifikasikan mana yang harus di selesaikan dahulu dan mana yang harus diselesaikan terakhir dengan pengkalasifikasian dan menempatkan permasalahan sesuai dengan tupoksinya masing2 akan lebih mudah untuk menyelesaikannya. dengan demikian permasalahan yang diselesaikan akan lebih kritis, mudah dipahami, tersusun dengan rapi dan hasil yang telah dicapai menjawab persoalan pendidikan lebih efektif.

      Delete
  16. 1169351/C PAI
    ass..
    saya ingin bertanya tentang penerapan teknologi pendidikan, bagaimna cara yang paling efektif untuk penerapan teknologi pendidikan pada perkembangan pendidikan di jaman sekarang..??
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuknya teknologi di dalam dunia pendidikan membuat gebrakan inovasi baru dalam sebuah pembelajaran ataupun pendidikan ,, berbagai pendekatan dalam dunia pendidikan yg di terapkan yaitu seperti ICT atau sering kita sebut TIK(teknologi Informasi dan Komunikasi) banyak sekali keungulan teknologi dalam menunjang keefektifitasan pendidikan. dimana TIK yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media

      Delete