Sunday, April 28, 2013

Kelas B
Kelompok VI
Evi Nurmala Sari, Nirwana Sari, Riski Cahyani Putri, Sevyana Dewi

BAB I
PENDAHULUAN

Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Dari rumusan tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran tidak terbatas dalam ruang saja. Sistem pembelajaran dapat dilaksanakan dengan cara membaca buku, melakukan interaksi dengan lingkungan dan masyarakat, atau berorganisasi. Namun, bagaimanapun sistemnya, pembelajaran tetap harus memenuhi semua unsur-unsur yang dijelaskan oleh Oemar Hamalik dalam bukunya.

Salah satu unsur yang harus dipenuhi dalam pembelajaran adalah fasilitas. Fasilitas dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu, pertama sarana prasarana meliputi ruang kelas, laboratorium, perpustakaan dan lain-lain. Kedua media meliputi perlengkapan audio visual, komputer dan lain-lain. Ada banyak jenis dan macam-macam media pembelajaran yang ada. Berbagai jenis media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun tetap mampu mempermudah dan memperlancar proses belajar dan mengajar.

Apa saja jenis dan macam-macam media pendidikan inilah yang menjadi permasalahan dan akan dibahas dalam makalah ini.

BAB II
PEMBAHASAN

Suatu media dikatakan baik, apabila bersifat efisien dan efektif serta komunikatif. Efisien artinya memiliki dayaguna ditinjau dari segi cara penggunaan, waktu dan tempat. Suatu dikatakan efisien apabila penggunaannya mudah, dalam waktu yang singkat dapat mencakup isi yang luas dan tempat yang diperlukan tidak luas. Efektif artinya memberikan hasil guna yang tinggi ditinjau dari segi pesannya dan kepentingan siswa yang belajar. Sedangkan yang dimaksud dengan komunikatif ialah bahwa media tersebut mudah untuk dimengerti maksudnya. Dengan kata lain apa yang ditampilkan melalui media tersebut mudah untuk ditangkap atau dipahami oleh siswa.

Dengan mengenal media pembelajaran dan memahami cara-cara penggunaannya akan sangat membantu tugas para guru dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran. Jerome Bruner (1960) membagi alat instruksional dalam empat macam menurut fungsinya yaitu :
  1. Alat untuk menyampaikan pengalaman “vicarious”, yaitu menyajikan bahan kepada murid-murid yang sedianya tidak dapat mereka peroleh dengan pengalaman langsung yang lazim di sekolah. Ini dapat dilakukan melalui film, televisi, rekaman suara, dan lain-lain. “Vicarious” berarti sebagai subtitusi untuk pengganti pengalaman yang langsung.
  2. Alat model yang dapat memberikan pengertian tentang struktur atau prinsip suatu gejala, misalnya model molekul atau alat pernafasan, tetapi juga eksperimen atau demonstrasi, juga program yang memberikan langkah-langkah untuk memahami prinsip atau struktur pokok.
  3. Alat dramatisasi, yang didramatisasikan sejarah suatu peristiwa atau tokoh, film tentang alam yang memperlihatkan perjuangan untuk hidup, untuk memberi perhatian tentang suatu ide atau gejala.
  4. Alat automatisasi seperti “teaching mechine” atau pelajaran berprogram, menyajikan suatu masalah dalam urutan yang teratur dan memberi balikan atau fredback tentang respons murid. Alat ini dapat meringankan beban guru, alat ini tidak akan dapat menggantikannya seperti halnya buku. Selain itu alat ini segera memberikan fredback dan memberi jalan untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat oleh murid.

Adanya perbedaan persepsi tentang media mengakibatkan munculnya usaha-usaha penataan timbul, yaitu mengelompokan atau klasifikasi menurut kesamaan ciri atau karakteristik. Beberapa contoh usaha ke arah taksonomi media tersebut antara lain :
1.    Taksonomi menurut Rudy Bretz
a.    Suara
b.    Visual
-    Gambar
-    Garis
-    Simbol
c.    Gerak

2.    Hierarki Media menurut Duncan
Pada dasarnya, Hierarki Duncan disusun menurut tingkat kerumitan perangkat dan media yang dipergunakan

3.    Taksonomi menurut Briggs
Briggs mengidentifikasi 13 macam media yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu: objek, model, suara langsung, rekaman audio, media cetak, pembelajaran terprogram, papan tulis, media transparasi, film rangkai, film bingkai, film, televisi dan gambar.

4.    Taksonomi menurut Gagne
Gagne membuat 7 macam pengelompokan media yaitu, benda untuk didemonstrasikan, komukasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar gerak, film bersuara, dan mesin belajar.

5.    Taksonomi menurut Edling
Menurut Edling, media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio meliputi kondifikasi subjektif visual dan kondifikasi subjektif audio, dua untuk pengalaman visual meliputi kondifikasi dubjektif audio dan kondifikasi subjektiv visual, dan dua pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan pengalaman langsung dengan benda-benda.

Berdasarkan karakteristiknya, terdapat beberapa jenis media di antaranya :

a.    Media grafis
Media grafis termasuk media visual. Banyak jenis media grafis, di antaranya:
1.    Gambar/foto
2.    Sketsa
3.    Diagram
4.    Bagan/chart
5.    Grafik (Graphs)
6.    Kartun
7.    Poster
8.    Peta dan Globe
9.    Papan Buletin

b.    Media audio
Media audio berkaitan dengan indera pendengaran. Ada beberapa jenis media audio yaitu:
1.    Radio
2.    Alat perekam pita magnetik
3.    Laboratorium bahasa

c.    Media proyeksi diam
Beberapa jenis media proyeksi diam antara lain:
1.    Film bingkai
2.    Film rangkai
3.    Media transparasi
4.    Proyektor tak tembus pandang
5.    Mikrofis
6.    Film
7.    Film gelang
8.    Televisi
9.    Video
10.    Permainan dan simulasi

Berbagai jenis media pada dasarnya dapat digolongkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
a.    Media cetak
b.    Media elektronik
c.    Realita (objek nyata atau benda sungguhan)

BAB III
PENUTUP

Dari pembahasan tentang jenis dan macam-macam media pendidikan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa:
1)    Berdasarkan fungsinya, media pendidikan dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu:
a.    Alat untuk menyampaikan pengalaman “vicarious”
b.    Alat model yang dapat memberikan pengertian tentang struktur atau prinsip suatu gejala
c.    Alat dramatisasi
d.    Alat automatisasi seperti “teaching mechine” atau pelajaran berprogram

2)    Ada 5 klasifikasi media pendidikan berdasarkan ciri atau karakteristiknya, yaitu:
a.    Taksonomi menurut Rudy Bretz
b.    Hierarki Media menurut Duncan
c.    Taksonomi menurut Briggs
d.    Taksonomi menurut Gagne
e.    Taksonomi menurut Edling

3)    Terdapat tiga kelompok besar media pendidikan, yaitu:
a.    Media cetak
b.    Media elektronik
c.    Realita (objek nyata atau benda sungguhan)

DAFTAR PUSTAKA

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Perencanaan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hamalik, Oemar. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1994.
Ibrahim, R. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sadiman, Arief S., Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo, 2008.
Sagala, Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2008.
Usman, M. Basyiruddin dkk. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Pendapat Anda?

48 comments:

  1. maya iryani, 1168151 (B)Monday, April 29, 2013 4:58:00 AM

    assalamualaikum Wr. Wb,.,

    didalam makalah anda menjelaskan tentang media pendidikan, pada poin C.media proyeksi diam. yang akan saya tanyakan, tolong jelaskan apa itu media proyeksi diam itu dan kenapa media proyeksi diam ini termasuk kedalam media pendidikan, , berikan contoh pengaplikasiannya

    terimakasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam.....

      sedikit menjawab pertanyaan sodari maya, mengenai apa itu media proyeksi diam. media proyeksi diam memiliki persamaan dengan media grafis yaitu media yang di gunakan untuk menyajikan rangsangan-rangsangan visual. contoh pengaplikasianya yaitu jika ingin menggunakan media tersebut maka harus di proyeksikan terlebih dahulu oleh proyektor agar terlihat oleh sasaran.


      mungkin hanya ini yang dapat saya samapaikan, terimakasih....

      Delete
    2. Agus Riyanto 1166981 (PAI B)Monday, April 29, 2013 9:53:00 PM

      Media proyeksi diam adalah media yang digunakan dalam pembelajaran yang sudah dapat menampilkan informasi yang akan disampaikan tanpa harus diatur oleh operator dan dapat menerangkan sendiri, sehingga seakan media tersebut pasif/ diam tidak bergerak. contoh film, yang tanpa disetting sudah dapat menampilkan informasi.

      Delete
    3. wa'alaikumsalam wr. wr.
      Media proyeksi diam adalah media visual yang memproyeksikan pesan melalui sebuah alat yang mampu memproyeksikan berbagai pesan dalam bentuk tulisan, gambar, angka, atau bahkan grafis.
      contoh pengaplikasian: televisi, seorang pendidik dapat memberi tugas untuk mencari informasi ditelivisi tentang pokok bahasan yang akan atau telah dijelaskan seperti pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kurs dan kartal, pendidik dapat meminta peserta didik untuk mecari data tentang pasar indeks saham melalui televisi dalam salah satu acar berita.

      Delete
    4. nirwana sari (1168421) B PEMAKALAHTuesday, April 30, 2013 11:43:00 PM

      pemakalah
      wa'laikumsalam wr. wb
      menanggapi pertanyaan apa media proyeksi diam ?
      Media Proyeksi merupakan salah satu media yang terklasifikasi pada media visual. Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu melalui indera penglihatan. Media ini langsung berinteraksi dengan pesan yang ingin disampaikan. Masksud pesan disini tentu saja materi pelajaran yang akan disampaikan. Jadi dengan media proyeksi, materi tersebut dapat terserap dengan baik.

      Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa: tulisan, gambar, bagan dll akan menjadi lebih besar dan lebih jelas dilihat oleh siswa. Penggunaan media proyeksi ini lebih menguntungkan, sebab indera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media transparansi yang telah disiapkan. Yang dimaksud dengan gambar mati (still picture) adalah berupa: gambar, foto, diagram, tabel, ilustrasi dll, baik berwarna ataupun hitam = putih yang relatif berukuran kecil, agar gambar tersebut dapat dilihat atau disaksikan dengan jelas oleh seluruh siswa di dalam kelas dengan jalan diproyeksikan ke suatu layar (screen) .

      Delete
    5. evi nurmala sari, 1167701, B (pemakalah)Wednesday, May 01, 2013 12:43:00 AM

      wlaikumsalam wr.wb
      menanggapi pertanyaan saudari maya iryani
      proyeksi diam adalah media yang digunakan dalam pembelajaran yang akan menyampaikan informasi melalui gambar-gambar,angka-angka dll sehingga dapat memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu melalui indera penglihatan dan pendengaran.melalui proyektor informasi yang akan disampaikan diproyeksikan kelayar.

      Delete
    6. ayang kurnia, 1167311, B

      wass..wr wb
      Media proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan.
      Media slide adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut dengan proyektor slide. Ada empat kelebihan dari media slide ini. Pertama, membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan serta dapat dipadukan dengan unsur suara. Kedua, merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang konkret. Ketiga, program slide direvisi sesuai dengan kebutuhan karena filmnya terpisah-pisah. Keempat, penyimpanannya mudah karena ukurannya kecil.

      Delete
    7. sholeh idris, 1168941, BMonday, May 13, 2013 8:49:00 AM

      Langsung saja jawab Media Proyeksi Diam yaitu Tekhnologi proyektor atau media pengajaran dalam menampilkan berbagai macam tayangan seperti menampilkan pesan berupa gambar,tulisan,simbol-simbol,dsb.Yang dimana hasil tampilannya tersebut tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan seperti tampilan slide.

      Delete
  2. Asslmlkum,,,
    makalah ini membahas tentang pembagian dan macam-macam media pendidikan. Dan yang ingin saya tanyakan adalah jenis media apakah yang cocok dan sesuai dengan PAI dan tolong berikan contohnya.... terimakasih... wassalam,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam...

      sedikit mnjawab pertanyaan sodari paryani, mengenai jenis media yang cocok dan sesuai di gunakan dalam pai adalah :

      1.alat yang bersifat benda (materil) misal media tulis, yaitu seperti al qur'an, hadis, tauhid, fiqih, sejarah. misal benda-benda alam, seperti hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain. gambar-gambar yang di rancang seperti grafik, gambar yang di proyeksikan seprti video, tansparan, audio recording (alat untuk di dengar), seperti kaset, tape, radio, dan lain-lain.
      2. alat yang bersifat bukan benda, seperti keteladanan, perintah/larangan, ganjaran dan hukuman.

      mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, terimakasih.....

      Delete
    2. wa'alaikumsalam wr. wb.
      menurut saya, semua jenisa\ media pendidikan dapat digunakan dalam pendidikan agama Islam (PAI). namun, penggunaan media tersebut harud disesuaikan dengan materi, dan metode belajarnya.
      contoh: dalam mata kuliah fiqh pokok bahasan shalat jenazah dosen menggunakan metode aplikatif dengan menayangkan video praktek sholat jenazah, dalam pemutaran video tersebut dibutuhkan mediapendidikan seperti laptop dan proyektor.

      Delete
    3. evi nurmala sari, 1167701, B (pemakalah)Tuesday, April 30, 2013 11:47:00 PM

      walaikumslam wr wb
      menurut pendapat saya semua jenis media cocok untuk pembelajaran PAI dengan ketentuan media tersebut harus sesuai dengan situasi, kondisi dan materi yang akan disampaikan.
      media grafik, misalnya gambar atau foto seperti yang kita ketahui didalam buku tuntunan sholat terdapat gambar2 orang yang melakukan sholat, dengan adanya gambar atau foto bisa membuat lebih menyenangkankan dalam belajar.
      media audio, cotoh dalam mata kuliah bahasa arab smester 3 dosen menggunakan metode aplikatif dengan media audio(mendengarkan), dan siswa mengulangi apa yang ia dengar.

      Delete
    4. nirwana sari (1168421) B PEMAKALAHTuesday, April 30, 2013 11:53:00 PM

      wa'alaikum salam wr. wb.
      sedikit menambahkan menurut saya semua media pendidikan dapat digunakan dalam pendidikan agama islam sesuai dengan keperluan mata pelajaran tersebut dan metode yang digunakan oleh pendidik.
      maka kita tinggal memilih media pengajaran apa yang cocok untuk dipraktekkan kepada siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Terkait dengan pembelajaran agama Islam, maka media yang digunakan juga bermacam-macam.
      contohnya adalah media video presentasi tata cara tayamum dalam pelajaran fiqih.
      trima kasih..

      Delete
    5. ayang kurnia, 1167311, B

      wass...wr wb
      terkhusus untuk media adlah alat penunjang proses pembljaran. sekrang jika ditanya, media manakah yang tepat untuk PAI apalagi, itu tidak dapat dijawab jika kita tidak mempertimbngkan apa materinya, bgamna situasi kondisi, apa metode yang diterpkan, strategi apa yang digunakan dan tentunya yang tidak klah penting adalah tujuan dari pembeljran atau pemberian materi tersebut.
      jadi jika ditanya mana yang tepat jwabannya adalah ketika media itu sesuai baik dg materi, metode, strategi, dan tujuan.

      Delete
    6. Aries Dwi Komara, 1167261 (B),Wednesday, May 01, 2013 8:36:00 AM

      walaikumslam....
      sedikit menambahkan jawaban dari sahabat-sahabat diatas....yaitu harus disesuaikan dengan situasinya,,misalnya kayak kemaren kita belajar tentang jenazah,dan bagimana cara memandikan,mengkafani,dan menguburkan. agar kita mudah untuk memahami materi tenteng jenazah tersebut bapaknya memperlihatkan videonya langsung agar kita mudah mengerti.

      Delete
  3. assalamualaikum wr. wb


    pada makalah anda terdapat tiga kelompok besar tentang media pendidikan, yaitu : yang pertama media cetak, yg ke dua media elektronik, dan yang ke tiga realita. nah tolong jelaskan tentang yang realita beserta dengan contohnya,,,,,

    terimakasih........
    wassalam wr. wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam wr.wb.
      Media realia, yaitu benda nyata yang digunakan sebagai baha natau sumber belajar. Pemanfaatan media realia tidak harus dihadirkan secara nyata dalam ruang kelas, melainkan dapat juga dengan cara mengajak siswa melihat langsung (observasi) benda nyata tersebut ke lokasinya.
      Media realia sangat bermanfaat terutama bagi siswa yang tidak memiliki pengalaman terhadap benda tertentu. Selain observasi dalam kondisi aslinya, penggunaan media realia juga dapat dimodifikasi. Modifikasi media realia bias berupa: potongan benda (cuteways), benda contoh (specimen), dan pameran (exhibit).
      contoh: dalam mata pelajaran biologi pokok bahasan fotosintesi, guru dapat menggunakan daun sebagai media realita berupa potongan benda (cuteways), atau dalam mata pelajaran kimia pokok bahasan sistem periodik unsur guru dapat menggunakan tapel alkohol sebagai media realita berupa benda contoh (specimen).

      Delete
    2. nirwana sari (1168421) B PEMAKALAHWednesday, May 01, 2013 12:12:00 AM

      wa'alaikumsalam wr. wb
      menjawab pertanyaan tentang penjelasan media realita beserta contohnya,
      Realita adalah benda nyata yang digunakan sebagai bahan ajar. Pemanfaatan media realita tidak harus selalu dihadirkan dalam ruang kelas, tetapi dapat digunakan sebagai suatu kegiatan observasi pada lingkungannya.
      Realita dapat digunakan dalam kegiatan belajar dalam bentuk sebagai mana adanya, tidak ada pengubahan, kecuali dipindahkan dari kondisi lingkungan hidup aslinya. Ciri media realia adalah benda asli yang masih ada dalam keadaan utuh, dapat dioperasikan, hidup, dalam ukuran yang sebenarnya, dan dapat dikenali sebagaimana wujud aslinya. Selain dalam bentuk aslinya, penggunakan realia dapat dimodifikasi.
      Modifikasi media realia bisa berupa: potongan benda (cutaways), benda contoh (specimen), dan pameran (exhibid).
      Cara potongan (cutaways) Misalnya binatang langka hanya diambil bagian kepalanya saja.
      Benda contoh (specimen)Misalnya beberapa ekor ikan hias dari jenis tertentu, yang dimasukkan dalam sebuah toples berisi air untuk diamati di dalam kelas.
      Pameran (exhibit)Misalnya senjata‑senjata kuno yang masih asli ditata dan dipajang seolah‑olah mengambarkan situasi perang pada jaman dulu.
      terimakasih...

      Delete
    3. evi nurmala sari, 1167701, B (pemakalah)Wednesday, May 01, 2013 4:14:00 AM

      walaikumslam wr wb
      menanggapi pertanyaan saudari naitul jannah
      Media realia adalah benda nyata yang digunakan sebagai sumber belajar, Benda tersebut tidak harus dihadirkan di dalam ruang kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyeknya atau observasi ke obyeknya langsung, Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, contoh peninggalan-peninggalan sejarah salah satunya candi borobudur nah siswa datang dan melihat langsung peninggalan zaman dulu.

      Delete
    4. ayang kurnia, 1167311, B

      wass..wr wb
      Media Realia : yaitu semua media nyata yang ada dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti tumbuhan, batuan, binatang, insektarium, herbarium, air, sawah dan sebagainya.

      Delete
  4. Agus Riyanto 1166981 (PAI B)Monday, April 29, 2013 9:46:00 PM

    Apakah urgensi urgensi dari pembagian media dan berikan contoh mengenai "teaching machine"??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asslmlkum,,, sedikit menjawab dari pertanyaan saudara Agus Riyanto. menurut saya salah satu urgensi dari pembagian media adalah dengan adanya jenis-jenis media yang telah ada maka dapat memudahkan seorang pendidik untuk menyampaikan materinya melalui pemilihan dari jenis-jenis media tersebut sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. karena jika media tidak di bagi menjadi beberapa jenis dapat memungkinkan terjadinya penggunaan media yang tidak sesuai atau di campur aduk kan.
      demikian terimakasih...

      Delete
    2. ada dua pertanyaan anda, untuk pertanyaan pertama tentang urgensi pembagian media adalah sebagai berikut:
      1. seperti dikemukakan audien di atas, pembagian media dapat memudahkan pendidik dalam mengorelasikan antara materi, metode dan media yang digunakan agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
      2. pembagian media juga dapat membantu kita dalam mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis media yang ada.
      3. pembagian media dapat membantu kita dalam mengenali berbagai karakteristik dari jenis media yang ada.
      sedagkan untuk petanyaan kedua untuk contoh "teaching machine" yaitu:
      penggunaan CCTV dalam ruangan kelas, untuk mengawasi dan mendokumentasikan segala kejadian yang ada di ruang kelas tersebut secara detail.

      Delete
  5. totok budi laksono (1169221,A)
    aslm.....
    di makalah membahas tentang pembagian dan macam-macam media. yang saya ingin tanyakan berdasarkan jenis, media itu dibagi menjadi berapa macam..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nirwana sari (1168421) B PEMAKALAHWednesday, May 01, 2013 12:25:00 AM

      wass...
      menjawab pertanyaan tentang pembagian media berdasarkan jenisnya.
      Dilihat dari jenisnya, media terbagi menjadi:
      a.Media auditif
      Media yang hanyamengandalkan suara saja seperi radio,kaset rekoorder, peringan hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli atau mempunyai kelainan pendengaran
      b.Media visual
      Media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slides, foto, gambar atau lukisan, dan cetakan. Ada pula yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, dan film kartun.
      c.Media audio visual
      Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunya kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua.
      trima kasih...

      Delete
    2. evi nurmala sari, 1167701, B (pemakalah)Wednesday, May 01, 2013 4:35:00 AM

      walaikumsalam wr wb
      sedikit menaggapi media berdasarkan jenisnya itu dibagi menjadi 3 macam yaitu
      a. media audio yaitu berkaitan dengan indera pendengaran, seperti radio, labaratorium bahasa.
      b. media visual yang berkaitan dengan indera penglihatan, seperti slide, foto, gambar, lukisan dll
      c. media audio visual media ini berkaitan dengan pendengaran dan penglihatan, media ini lebih baik atau sempurna karena media audio visual mempunyai unsur keduanya yaitu pendengaran dan penglihatan.
      twrimakasih....

      Delete
    3. ayang kurnia, 1167311, B

      wass..wr wb
      1. Media visual : yaitu media yang hanya dapat dilihat, yang termasuk kelompok visual, seperti foto, gambar, poster, grafik, kartun, liflet, buklet, torso, film bisu, model 3 dimensi seperti diorama dan mokeup.
      2. Media Audio : adalah media yang hanya dapat didengar saja, seperti kaset audio, radio, MP3 Player, iPod.
      3. Media Audio Visual : yaitu media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar, seperti film bersuara, video, televisi, sound slide,
      4. Multimedia : adalah media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap seperti suara, animasi, video, grafis dan film. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer (CBI).
      5. Media Realia : yaitu semua media nyata yang ada dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti tumbuhan, batuan, binatang, insektarium, herbarium, air, sawah dan sebagainya. Media pembelajaran sederhana termasuk jenis media realia.

      Delete
    4. wa'alaikumsalam wr. wb.
      berdasarkan jenisnya, media dibagi menjadi 3 macam yaitu:
      1. media audio (suara), contohnya raidio
      2. media visual (gambar), contohnya slide Ms. PowerPoint
      3. media audiovisual (suara dan gambar), contonya televisi

      Delete
    5. Mei Asti Wulandari, 1169161, (B)Wednesday, May 01, 2013 7:01:00 AM

      Wa'alaikmsalm,,,
      media berdasarkan jenisnya
      1)Media auditif yaitu media yang mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio, kaset rekorder.
      2)Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan karena hanya menampilkan gambar diam seperti film bingkai, foto, gambar, atau lukisan.
      3)Media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik.

      Delete
    6. Aries Dwi Komara, 1167261 (B),Wednesday, May 01, 2013 8:06:00 AM

      walaikumslam....
      sedikit menambahkan jawaban dari teman-teman.
      a. Media hasil teknologi cetak
      b. Media hasil teknologi audio-visual
      c. Media hasil teknologi yang berdasarkan computer
      d. Media hasil gabungan tenologi cetak dan teknologi computer.

      Delete
  6. siti nur laela 1169031 ( PAI B )Tuesday, April 30, 2013 11:21:00 PM

    ass....
    di makalah anda membahas tentang pembagian dan macam-macam media pendidikan. yang saya ingin tanyakan mengapa media pendidikan dapat mempertinggikan proses belajar siswa? trims... wss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nirwana sari (1168421) B PEMAKALAHTuesday, April 30, 2013 11:59:00 PM

      wass....
      menurut saya mengapa media dapat meningkatkan belajar siswa karena media adalah alat bantu yang membantu kita dalam porses belajar mengajar sehingga mempermudah kita dalam belajar, banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk menjadikan pembelajaran bervariasi sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan dan mudah memahami materi pembelajaran.
      trima kasih...

      Delete
    2. evi nurmala sari, 1167701, B (pemakalah)Wednesday, May 01, 2013 12:59:00 AM

      wass
      menurut saya media itu sebuah alat bantu untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar. selain itu juga media pendidikan, seperti internet, media cetak dan masih banyak lagi semua itu bisa memberikan sebuah informasi sehingga bisa mempertinggi dalam belajar siswa.

      Delete
    3. Tri Yuliani, 1169261 (B)Wednesday, May 01, 2013 6:18:00 AM

      waa'alaikumsalm,,,
      menurut saya,, media pendidikan dapat mempertinggikan/meningkatkan proses belajar siswa karena, media merupakan alat bantu dalam penyamapian pembelajaran sehingga dapat mempermudahkan peserta didik dalam memahami suatu pembelajaran, karena media dapat memberikan variasi dalam penyamapaian. karena media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyaurkan pesan ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedimikian rupa sehingga proses belajar terjadi. dengan ini dapat meningkatkan proes belajar siswa.

      trimakash n Wassalamu'alaikm,,,,

      Delete
    4. nida kusumaningsih, 1168411 (B)

      Waa'alaikumsalam...
      saya setuju dengan jawaban teman-teman media pendidikan itu adalah media yang sangat penting dalam proses pembelajaran,karena media dapat memacu semangat siswa untuk belajar sehingga siswa akan lebih aktif dalam melakukan sistem pembelajaran. sehingga dengan demikian siswa akan menjadi lebih pintar dan mengerti maka hasilnyapun akan lebih meningkat dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran.

      Delete
    5. wa'alaikumsalam wr. wb.
      menurut pendapat saya, media pendidikan dapat meningkatkan proses belajar karena korelasi antara materi, metode dan media pendidikan sangat penting. hal ini didasarkan pada fakta bahwa, metode sebaik apapun yang digunakan untuk menyampaikan materi hanya akan efektit dan efisien bila penyapaiaannya dibantu dengan media pendidikan yang tepat.

      Delete
    6. Aries Dwi Komara, 1167261 (B),Wednesday, May 01, 2013 8:11:00 AM

      walaikumslam,,,,,
      setuju sama sahabat-sahabat semuanya...intinya itu mempermudah peserta didik dalam belajar.

      Delete
  7. ayang kurnia, 1167311, B

    wass..wr wb
    media kan tujuannya sebgai alat penunjang, jika tujuan atau keentingan beljar tidak ada ya kenpa harus menggunakn media.
    jadi media itu harus mementingkan proses pembeljran serta tujuannya.

    ReplyDelete
  8. Tri Yuliani, 1169261 (B)Wednesday, May 01, 2013 6:13:00 AM

    waa'alaikumsalm,,,
    menurut saya,, media pendidikan dapat mempertinggikan/meningkatkan proses belajar siswa karena, media merupakan alat bantu dalam penyamapian pembelajaran sehingga dapat mempermudahkan peserta didik dalam memahami suatu pembelajaran, karena media dapat memberikan variasi dalam penyamapaian. karena media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyaurkan pesan ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedimikian rupa sehingga proses belajar terjadi. dengan ini dapat meningkatkan proes belajar siswa.

    trimakash n Wassalamu'alaikm,,,,

    ReplyDelete
  9. Nida Kusumaningsih, 1168411 (B)

    Asslmlkum,,,

    makalah ini membahas tentang pembagian dan macam-macam media pendidikan. Dan yang ingin saya tanyakan adalah dalam macam-macam media pendidikan ada kelebihan dan kekurangannya untuk di terima peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran. tolong jelaskan kelebihan dan kekurangannya dalam macam-macam media pendidikan tersebut.

    trims.....wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  10. Nida Kusumaningsih, 1168411 (B)

    Asslmlkum,,,

    makalah ini membahas tentang pembagian dan macam-macam media pendidikan. Dan yang ingin saya tanyakan adalah dalam macam-macam media pendidikan ada kelebihan dan kekurangannya untuk di terima peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran. tolong jelaskan kelebihan dan kekurangannya dalam macam-macam media pendidikan tersebut.

    trims.....wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam wr. wb.
      seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa berdasarkan jenisnya media dibagi menjadi 3 yaitu, audio (suara), visual (gambar), audio visual (suara dan gambar), jika anda bertanya tentang kelebihan dan kekurangannya maka menurut saya, kelebihan dan kekurangan macam-macam media tersebut tergantung pada kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.
      contoh: media audio (suara) seperti radio hanya akan dapat digunakan oleh peserta didik yang memiliki kemampuan mendengar (bukan tunarungu), maka radio memiliki kelebihan dapat memperdengarkan suara namun juga memiliki kelemahan yaitu tidak dapat dipergunakan bagi peserta didik yang tidak memiliki kemempuan mendengar (tunarungu).

      Delete
    2. ayang kurnia, 1167311, B

      wa'alaikum slam..wr wb
      menambahkan sedkit dari penjelsan pemateri..
      media audio terletak pada enggunanya, apakh ia memilki gangguan atau tidak mengenai pendengaran, dan audio haanya menayangkan visualisasi gambar saja tanpa ada suara.
      media visual hanya sekedar menyangkan gambar tetapi biasanya tidak interaktif.

      Delete
  11. Aries Dwi Komara, 1167261 (B),Wednesday, May 01, 2013 8:43:00 AM

    asalamualaikum....
    saya ingin bertanya sedikit...
    adakah media yang tidak memiliki dampak negatif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sevyana Dewi, 1168921 (B) PEMAKALAH
      wa'alaikumsalam wr. wb.
      saya ingin sedikit menjawab pertanyaan anda.,.
      menurut saya semua media pendidikan yang ada memiliki tujuan yang baik namun, meskipun tujuannya baik tapi pada dasarnya semua hal memiliki sisi negatif dan sisi positifnya begitu pula dengan media pendidikan. nah...peran kita di sini adalah untuk memanfaatkan media tersebut, jadi kitalah yang menentukan seberapa banyak dampak negatif yang ingin ambil dan seberapa banyak dampak positif yang ingin kita manfaatkan.

      Delete
    2. ayang kurnia, 1167311, B

      wass..wr wb
      sesungguhnya setiap hal jika tidak dipergunakan atau dinilai positif, akan menimbulkan dampak negatif, begitu pula media pendidikan.
      jika media pendidikan tidak diberdayakan dg sebgaimna mestinya pastilah akn menimbulkan masalah atau dampak negatif. misal tidak sesuai dg materi, strategi dan tujuan, yang akhirnya penggunaan media itu malah merugikan.

      Delete
    3. 1167801/D
      jika ditanya mengenai dampak pasti ada dampak positif dan dampak negatif yang akan timbul baik selama maupun setelah pemakaiaan media tersebut. namun semua kembali kepada Oknum pengguna media tersebut, jika dia tidak bijaksana dala,m penngunaan maka yang akan timbul adalah dampak negatif baik itu untuk dirinya sendiri orang lain dan media tersebut yang di gunakan. begitu pun sebaliknya jika Oknum tersebut menggunakan media dengan bijaksana tentu akan bermanfaat untuk dirinya sendiri, orang lain dan media tersebut.

      Delete
    4. sholeh idris, 1168941, BMonday, May 13, 2013 9:00:00 AM

      Rasanya apabila muncul pertanyaan adakah atau tidakkah media yang tidak memiliki dampak negatif??? sangat sulit diketahui memang apabila belum pernah menggunakan semua media yang ada karena menurut pendapat saya dari keseluruhan media memiliki dampak positif dan dampak negatif. Tergantung masing-masing individu menyikapinya, dan juga tegantung niat. Pendapat tersebut sebagaimana terdapat dalam hadis nabi yg artinya "Segala sesuatu tergantung dari niat".

      Delete